Senin, 01 Juli 2013

Teknik Industri UMB 2010 Melakukan Aksi Sosial Dalam Pendakian Gunung Gede Pangrango 2013




Menjelajah Keindahan Alam
 Gunung Gede Pangrango
Ikatan Mahasiswa Teknik Industri
23-25 November 2012



Pendakian Gunung Gede-Jawa Barat 2013
      
      Sebanyak 18 mahasiswa dari Ikatan mahasiswa Teknik Industri angkatan 2010 Universitas Mercu Buana,Jakarta, pada tangggal 23-26 Maret 2013 melakukan BAKSOS lingkungan alam dijawa barat. pendakian yang di adakan oleh Ikatan Mahasiswa Teknik Industri (IMTI) Fakultas Teknik Universitas Mercu Buana. Melakukan pendakian ke Gunung Gede Bogor berjarak 100 km dari Jakarta Lokasi dan akses untuk masuk ke kawasan Gunung Gede terbagi di tiga kabupaten, yaitu Sukabumi, Bogor.

     Anda dapat melalui Cibodas dan Gunung Puteri di Bogor serta Situgunung dan Selabintana di Sukabumi sebagai pintu masuk ke kawasan Gunung Gede Bogor. Posisi Gunung Gede Bogor berdampingan dengan Gunung Pangrango, sehingga diberi nama Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Gunung Gede Bogor sangat kaya akan keanekaragaman hayati dan ekosistem.

Foto-Foto Peserta Pendakian

   Sedikitnya ada 250 jenis burung yang hidup di wilayah ini. Terdapat dua jenis burung langka yang hidup di sini yaitu, Elang Jawa (spizaetus bartelsi) dan Celepuk Jawa (otus angelinae).

    Selain sebagai tempat petualangan dan tempat wisata, Gunung Gede juga seringkali dijadikan sebagai tempat penelitian dan labotarium alam. Kandang Badak adalah nama tempat yang digunakan untuk melakukan penelitian, namun tidak berarti Anda dapat menemukan kandang pemeliharaan badak di tempat ini. Selain digunakan untuk melakukan penelitian, Kandang Badak juga selalu digunakan oleh para pengunjung atau wisatawan sebagai tempat berkemah sebelum melakukan petualangan dan perjalanan ke puncak Gunung Gede. Lokasi Kandang Badak berada di tengah-tengah antara puncak dan kaki gunung, jadi sangat strategis.

Saat Mendekati Puncak Gunung



Para Peserta Saat Foto Bersama 2013

    Jika Anda menggunakan pintu masuk dari Cibodas, Anda baru dapat mencapai tempat ini setelah melakukan pendakian sejauh 7,8 km atau setinggi 2.200 meter. Setelah menempuh perjalanan sekitar 5,3 km sebelum mencapai Kandang Badak, Anda akan melewati sumber air panas. Cobalah untuk mandi dan berendam sejenak di sumber air panas ini karena akan menyegarkan kembali tubuh Anda setelah menempuh perjalanan jauh yang melelahkan.

     Gunung Gede memiliki tiga kawah aktif, yaitu Kawah Wadon, Kawah Ratu dan Kawah Lanang. Para geolog sering datang untuk meneliti kondisi alam di sekitar kawah. Anda juga dapat menikmati pesona keindahan pemandangan alam serta keindahan kota Sukabumi, Bogor dan Cianjur dari puncak dengan ketinggian 3.000 meter. Terbit dan tenggelamnya matahari juga dapat Anda nikmati dengan jelas di sini. Suhu di Gunung Gede perlu Anda waspadai terutama di puncaknya, karena pada siang hari suhu mencapai 18oC sedangkan di malam hari akan turun drastis menjadi 5oC. Oleh karena itu saat Anda melakukan wisata atau petualangan ke Gunung Gede , gunakanlah jaket tebal atau sweater agar tubuh Anda tetap hangat.

Saat Tiba Dipuncak

      Tempat wisata lain yang dapat Anda temukan di Gunung Gede adalah air terjun setinggi 50 meter yang dapat dicapai setelah menempuh perjalanan 2,8 km dari Cibodas. Air terjun ini bernama air terjun Cibeureum. Air terjun ini banyak ditumbuhi lumut merah sehingga membuat pemandangan di air terjun ini semakin indah. Berhati-hatilah ketika Anda datang ke tempat ini karena jalannya licin dan banyak batu-batu gunung yang berukuran besar di sekitar air terjun.

Tampak Banyak Villa yang Menjaga Ratu

   Setelah mendaki 2.750 meter dari Cibodas, Anda akan menemukan bunga khas pegunungan, yaitu Edelweiss di atas lahan datar seluas 50 hektar. Sungguh pemandangan yang sangat mempesona. Objek wisata yang paling mudah dijangkau dan dikunjungi adalah Telaga Biru, karena tempat ini hanya berjarak 1,5 km dari Cibodas dan tanpa mendaki.



    Karena pada permukaan telaga ini hidup ganggang biru dan tampak berwarna biru bila terkena cahaya matahari maka disebutlah Telaga Biru.Persiapkan dengan teliti apa saja perlengkapan yang Anda butuhkan selama melakukan petualangan atau melakukan wisata ke Gunung Gede Bogor. Jangan lupa untuk membawa jaket tebal atau sweater tebal agar tubuh Anda tetap hangat karena suhu udara di Gunung Gede sangat dingin

((Sumber: MESTI/Rdn/25-28/11/2012)).


Salam  Industri.......
Salam Unity.......

Terima kasih dan selamat berjuang.
wassalamu’alaikum wr.wb

Rudini Mulya  Daulay
Ketua Umum IMTI – FT UMB
 
 ......

Logo SEMTIPA 


Sticker SEMTIPA Juli 2013


Tidak ada komentar:

Posting Komentar