Minggu, 30 Juni 2013

Ajang Kegiatan FOKERTI Teknik Industri UMB 2012




FOKERTI
Teknik Industri

Universitas Mercu Buana
2012
Villa Guntur,Cisarua-Bogor
30 November – 2 Desember 2012


FOKERTI-Teknik Industri 2012

Fokerti adalah sebuah forum yang berdiri sejak tahun 2000, dengan gagasan para pendahulu mahasiswa teknik industri angkatan perdana. Fokerti adalah sebuah singkatan dari “Forum Keakraban Teknik Industri”. Acara yang diselenggarakan oleh IMTI setiap tahun ini bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa baru kepada ruang lingkup teknik industri yang disusun dalam forum-forum yang sangat membentuk kebersamaan mahasiswa Teknik Industri.

Sambutan Kaprodi & Ketua IMTI

Forum Keakraban Teknik Industri (Fokerti) yang Ke-XII ini diadakan di luar Jakarta sehingga memberi kesan yang tidak terlalu kaku dan sebagai tempat untuk menghirup udara segar, melepas penat dari keseharian. Forum ini bukan hanya menyediakan suasana yang segar, tetapi juga memupuk keakraban antara para alumni, senior dan mahasiswa, sehingga tidak ada kesenjangan antara senior dan junior. Menjalin silaturahmi antar sesama dan juga mengajarkan kekompakkan bagi para panitia.

Sambutan dari Ketua Pelaksana dan IMTI menjadi pembuka acara, dan dilanjutkan dengan sambutan Kepala Program Studi dan juga Dekan Fakultas Teknologi Industri yang berlangsung hangat dan sangat kekeluargaan. Fokerti berlangsung dalam kurun waktu 3 hari, yaitu jum’at, sabtu dan minggu. Dimana malam mingu adalah puncak acara, yaitu makan bersama dengan senior ataupun alumni dengan api unggun yang menghiasi malam puncak.

Acara ini mempunyai makna penting dalam hal pengenalan bidang dan menjalin keakraban sesama serta kita juga dapat menggali informasi dari pengalaman para senior. Untuk ke depan, diharapkan acara Fokerti dapat diselenggarakan dengan lebih baik.



MEMORIES OF FOKERTI
”Keterbuakaan Awal dari perubahan menuju kesuksesan”
Villa Guntur,Cisarua-Bogor
      

Saat Pemberian Materi FOKERTI -Industri 2012

   November 2012, tepatnya pada tanggal 30 November – 2 Desember 2012 acara FOKERTI IMTI  diadakan panitia angkatan 2011 dengan angkatan 2012 sebagai peserta. Semua itu meninggalkan kenangan yang tidak akan kami lupakan.

   Perjalanan Fokerti dimulai dengan menggunakan satu bus kampus dan 1 bus luar kampus pada pukul 14.00 WIB dari tempat awal Universitas Mercu Buana menuju tempat tujuan di puncak Cisarua, bertempat di Villa Guntur, Bogor. Sesampainya di villa peserta kemudia beristirahat sejenak dan menyantap hidangan yang telah disiapkan panitia.

   Setelah kita menyantap hidangan acara berlanjut dengan sambutan dari ketua panitia dan ketua IMTI. Akhirnya setelah bapak Muhammad Kholil selaku Kepala Program Studi (Kaprodi) Teknik Industri tiba, maka secara resmi acara FOKERTI Ke-XII resmi dibuka dan beliau membawakan acara tentang seputar ruang lingkup Teknik Industri. Peserta pun tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk berbicara dan bertanya kepada pembicara.

Saat Acara Makan Bersama "KB-IMTI FT UMB)

     Waktu terus berjalan dan malam semakin larut acara pada malam ini berakhir dan tiba waktunya untuk beristirahat. Akan tetapi sangat disayangkan Bapak Muhammad Kholil harus meninggalkan villa pada malam itu juga, tetapi itu pun sudah menjadi nilai tambah/pengalaman bagi kepanitian karena beliau bisa menghadiri acara Forum Keakraban Teknik Industri Ke-XII.

     Ayam sudah berkokok, Azan sudah berkumandang, suara panitia yang membangunkan peserta sudah terdengar, kami pun bergegas mengambil air wudhu untuk menunaikan ibadah shalat Subuh. Wedang jahe menghangatkan kami di suasana pagi yang dingin di Cisarua. Kemudian kami olah raga pagi dan jalan – jalan menuju curug cilember yang tidak terlalu jauh dari lokasi penginapan hanya untuk menikmati suasana pagi di puncak dengan pemandangan yang indah, walaupun medannya sangat tinggi membuat kaki kami berat untuk melangkah, tapi disitulah kebersamaan kami mulai terbentuk dan lokasinya yang sangat cocok untuk berfoto-foto.

Ketika Berolah raga Bersama

  Setelah itu peserta dibagi ke dalam lima kelompok yang sudah ditentukam sebelumnya untuk   Setiap kelompok akan menempati lima pos yang di roolling, isi setiap pos adalah gabungan dari panitia dan senior yang sudah ditentukan. Waktu outbond limabelas menit per pos, dan waktu sisa setiap pos digunakan untuk sharing – sharing/share dan perkenalan dengan senior ( panitia sebagai pemandu ). Acara ini di maksudkan dengan tujuan untuk menghilangkan kejenuhan pada saat forum dan proses pembentukan keakraban dengan sesama peserta, panitia, dan senior.

   Acara berlanjut ke makan siang kemudian istirahat satu jam untuk memulihkan tenaga. Kemudian acara berlanjut ke forum dengan senior dan alumni dengan membagi peserta ke dalam lima kelompok. Awalnya masih ada rasa canggung dengan para alumni, akan tetapi setelah ada forum suasana menjadi nyaman, sungguh terasa dalam suasana kebersamaan yang selama ini belum terlihat, rasa canggung peserta menjadi hilang seketika karena sudah ada komunikasi antara keduanya sehingga suasana kekeluargaan sangat terasa pada waktu itu.

   Tiba di acara puncak adalah berkumpulnya seluruh mahasiswa teknik industri di tempat yang telah disediakan, dengan memutar film berupa slide foto – foto dari hasil dokumentasi kegiatan FOKERTI 2011.

Berolah Raga Bersama

   Sambil menunggu ayam bakar matang kami mengadakan adu bakat di angkatan 2012. Acaranya sangat meriah, ada yang mengeluarkan bakat bernyanyinya serta yang paling unik adalah ada empat orang laki-laki yang membuat team dencer dengan menggunakan baju perempuan. Setelah hidangan matang maka makan malam dimulai panitia dengan memakan hidangan secara bersama – sama, baik peserta, panitia, senior dan alumni semuanya makan dengan satu wadah. Sungguh momen yang tidak bisa di lupakan. Acara berakhir setelah makan malam dan istirahat.

  Hari minggu adalah hari terakhir dan ada satu forum dimana seluruh keluarga besar Mahasiswa teknik industri berkumpul untuk menyampaikan segala aspirasi, pendapat, keluh kesah, dan lain-lain menyangkut acara dan sebagai mahasiswa teknik industri Universitas Mercu Buana. Dan akhir acara FOKERTI 2012 ditutup.

Foto Para Peserta FOKERTI-IMTI ke XII

Akhirnya pukul 13.00 peserta kembali ke kampus.
     Kami akan menjaga rantai persaudaraan kami sampai pada generasi yang tidak ada batasnya, karena persaudaraan keluarga besar Teknik industri Universitas Mercu Buana adalah harta yang patut kita jaga.



((Sumber: MESTI/Rdn/04/30/XI/-2/XII/2012)).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar