Minggu, 30 Juni 2013

Pemimpin-Pemimpin Terhebat Sepanjang Masa




Pemimpin – Pemimpin
Terhebat Sepajang  Masa



Deskripsi of The Book Inspiration

        Kepemimpinan adalah masalah yang berhubungan dengan intelejensi, kepercayaan, kebaikan, keberanian, Tanggung jawab dan kedisiplinan…….kepemimpinan yang hanya bergantung pada aspek intelejensi, akan mengakibatkan munculnnya pemberontakan.

            Praktek kepemimipinan yang bergantung pada aspek kebaikan saja, akan menimbulkan kesan yang lemah. Sikap percaya yang lebih juga akan mengakibatkan kebodohan. Terlalu mengandalkan kekuatan dari keberanian, akan mengakibatkan tindak kekerasan. Penerapan kedisiplinan dan peraturan yang keras, akan mengakibatkan tindak kekejaman. Seseorang baru dapat menjadi pemimipin apabila dia sudah memiliki kelima aspek tersebut, dan sanggup menjalankannya dengan seimbang.

***Sun Tzu**

Secara teori,seperti apa sebenarnya sosok pemimpin yang ideal ? seorang pemimpin yang ideal memiliki intelejnsi untuk melihat kedalam situasi yang sedang terjadi, dan pahan akan sulitnya mengemban peran sebagai seorang pemimipin ; menjadi seorang pemimpin tidak hanya sekedar memegang pangkat dan menggunakan kekuasaan. Konsep kepemimipinan sangat subyektif, itu sebabnya ada begitu banyak ragam dan tingkatan kepemimpinan dalam masyaraka dan dunia usaha. Seorang pemimpin yang sempurna adalah pemimipin yang mengerti apa artinya memimipin, dan apa artinya dipimpin.

Seorang pemimipin yang ideal sadar akan tanggung jawab mutual antara pihak pemimipin dan pihak yang dipimpin ; masing-masing pihak saling bergantung dan saling mendukung. Seoranng pemimipin yang tidak memiliki rasa kemanusiaan hanyalah seorang pemimipin yang bergantung pada kekuasaan superior semata. Seorang pemimpin hebat akan berfokus pada kekuatan yang berasal dari karakter dan prinsip, daripada yang berasal dari rasa takut dan intimida.

Pemimpin ideal juga sosok yang dapat dipercaya, raja iggris charles II sempat dikenal sebagai “ pemimpin yang ucapanya tidak pernah diharpkan orang lain “. Meskipun dikenal sangat cerdas, ia tidak pernah dipandang sebagai sosok pemimpin yang hebat dalam sejarah; dia tidak pernah mempercayai orang lain, dan orang lain juga tidak pernah mempercayainya. Makna sejati dari percaya dan dipercaya adalah sikap saling membutuhkan. Jika para pengikut sudah kehilangan keyakinan mereka pada sang pemimpin, maka mereka akan berhenti mengikutinya: jika seorang pemimpin gagal untuk mempercayai kemampuan dari pada pengikutnya, maka akibatnya adalah bencana. Tidak ada yang dapat mejadi pemimpi seorang diri; konsep seperti itulah tidak masuk akal.

Pemimpin yang ideal juga merupakan pemimpin yang berani, tidak hanya dalam artian fisik. Meskipun mimiliki banyak penasihat, banyak keputusan yang harus diambil sendiri oleh sang pemimipin. Pemimpin yang sempurna mampu memberiaka keputusan un tuk mengambil langkah maju atau mundur, dan bersedia untuk menerima segala konsekuensinya. Jika seorang pemimipin tidak memiliki keberanian untuk bertindak demi semua orang, maka sang pemimipin akan kehilangan keyakinan dari para pengikutnya, dan akhirnya posisi kepemimipinannya itu sendiri.

Akhirnya, seoran g pemimin sempurna harus menerima disiplin, dalam artian untuk membimbing para pengikutnya kejalan yang benar. Disiplin bukan hanya sekedar menerabkan ketertiban dan menghukum mereka yang tidak mematuhi perintah. Dispilin adalah bimbingan, struktur, latihan ; tanpanya, tidak ada orang yang memimpin secara efektif.


Kata-Kata Inspirasi Tentang Intelejensi



***Albert Einstein***

“ banyak orang tahu bagaimana orang lai harus berubah; hanya sedikit yang tahu bagaimana diri mereka sendiri harus berubah (≫… leo tolstoy…≪ ) “

“ memang mengherankan untuk melihat begitu banyak yang hilang ketika kamu memutuskan untuk tidak menjadi apa-apa, namun untuk menjadi seseorang (≫>….coco chanel…..  ≪ ) “
“ satu-satunya latihan kepemimpinan yang sebenarnya adalah kepemimipinan (≫….anthony jay….≪ ) “

“ pemimipin yang hebat adalh seseorang yang bersedia untuk mengmbangkan orang lain hingga pada titik yang sudah menggunguli kemampuan dan pengetahuan sang kepimpin itu sendiri (≫…..fred .a. mosle….≪ )

“ seorang pemimipin sejati bukanlah seorang pemimipin yang mampu mencari kesepakatan, namun orang yang mampu menyatukan kesepakatan (≫…..martin…≪)”

“ jagan pergi melalui jalan yang sudah ada, namun pergilah melalui jalan yang belum ada, dan tinggalkan jejak (≫….raph waldo emilson…..≪ ) “
“ pemikiran ide kedepan dan akal sehat adalah kualitas yang diperlukan oleh seorang pemimpin (≫….tacitus…..≪ ) “

“ seorang pemimpn sejati selalu menyimpan kejutan disakunya, yang tidak dapat diterka oleh orang lain, namun selalu dapat membuat rakyatnya senang dan bahagia (≫…charles degaulle…≪)”

“ mereka yang tahu bagaimana caranya untuk menang jauh lebih banyak, dari pada mereka yang tahu bagaimana menggunakan kemenanganya dengan benar (>…polyhous….≪ )”

“ jika seseorang tidak tahu keman tujuannya berlayar, maka tidak ada angin yang dapat membantunya (≫…..seneca…..≪)”

“aku biasa berpikir bahwa menjalankan sebuah organisasi sama seperti memimpin sebuah orkestra, namun kurasa bukan seperti itu; proses ini lebih seperti jazz, lebih banyak improvisasinya (≫….warren bennis….≪ )”

“ cara pertama untuk mengukur intelejensi seorang penguasa adalah dengan melihat orng-orang yang ada disekitarnya (≫…..niccollo machiavelli…≪)”

“ seorang kepala eksekutif yang mengetahui kelebihan dan kekuranganya sebagai seorang pemimpin akan jauh lebih efektif, dari pada orang yang tidak mau mengetahuinya. Ia juga menghadapi esiko yang sama—sikap berharganya terhadap kehidupan inilah yang dapat membantu seorang manajer sanggup untuk menyerap segala kesalahan , kegagalan, ataupun kelemahan pribadi (≫….jhon adair…..≪ )”

“ management adalah cara yang efisien untuk menaiki tangga keberhasilan; kepemimipinan adalah aspek ang menentukan apakah tangga itu bersandar ditembok yang benar (≫….stephen r covey…≪) “

“ salah satu ujian dalam kepemimpinan adalah untuk mengenali sebuah masalah sebelum berubah menjadi situasi darurat (≫….arnold glasow….≪ )”

“ tak ada yang lebih mengecewakan dari seorang pemimpin yang dapaat menjelaskan kenapa kita melakukan apa yang sedang kita lakukan (≫….James Kouze….≪) “

“ tidak ada kesalahan yang lebih besar dari pada menjadi seorang yang selalu benar (≫….Samuel Butter…..≪) “
“ kamu dapat menggunakan semua data kuantitatif yang kamu dapatkan, tetapi kamu masih harus menyangkalnya semua, dan menggunakan penilaian dan intelejensimu sendiri (≫…leroy eimes….≪) “

“ seorang pemimpin adalah seorang yang melihat lebih bayak dari orang lain, lebih jauh dari orang lain dan lebih dahulu dari orang lain (≫….alvin toffer…..≪ ) “

“ jiwa yang hebat selalu menghadapi perlawanan yang keras dari situasi yang terjadi. Dia tidak menyerah begitu saja terhadap segala praduga yang sudah ada secara turun menurun, namun secara jujur da berani mengunakan intelejensinya.

(≫….Albert Einstein….≪)”




Kata-Kata Inspirasi Tentang kepercayaan



“ kita harus menjadi perubahan yang kita inginkan (≫…mahatma gandhi…≪)”
“ pemimpin yang baik tidak akan pergi terlalu jauh dari para pengikutnya (≫…franklin .d. resoovelt )”

“ jangan pernah memberi perintah yang tidak dapat dipatuhi (≫…douglas macarthur..≪)”
“ saya tidak dapat mempercayai seorang yang tidak dapat mengendalikan dirinya sendiri, untuk mengendalikan orang lain (≫….robert .e.lee….≪ )”

“ tidak ada orang yang akan cukup bijaksana dengan sendirnya (≫….platus..≪) “
“ tidak ada pemimpin hebat yang ingin melakukan segala sesuatunya sendiri, atau untuk memperoleh seluruh penghargaan yang dilakukanya (≫….andrew carnigie…≪) “
“ kamu tidak perlu mempertahankan posisi untuk menjadi seorang pemimpin (≫…anthony d’angelo…..≪) “

“ saya belum menemukan seseorang yang betapapun tinggi kedudukanya, tidak berusaha mencari kedudukan yang lebih baik, namun mengerahkan usaha yang lebih besar dengan semangat atas persetujuan (≫…..charles schwah….≪ ) “

“ jangan pernah mempekerjakan sesorang dalam bayang-bayangmu sendiri. Membuat tiruan dari kelebihanmu adalah tindakan yang bodoh, dan lebih bodoh lagi membuat tiruan ats kelemahanmu sendiri. Yang penting adalah untuk mempekerjakan,mempercayai,dan menghargai mereka, yang memiliki sudut pandang, kemampuan, dan penilaian yang sangat berbeda dari dirimu. Tindakan seperti ini juga jarang terjadi, karena tindakan ini memerlukan kerendahan hati, toleransi,dan kebijaksanaan yang luar biasa. (≫…..dee.w. hock….≪ ) “

“ bantulah orang lain untuk maju, kamu akan selalu terlihat lebih tinggi dengan orang lain dibahumu (≫…..bob moawad…..≪)”

“ sepertinya bagiku , para pemimpin yang selalu berhasil melaksanakan tugasnya dengan baik tidak pernah berkata ‘ SAYA ‘ bukan karena mereka sudah berlatih untuk tidak berkata ‘SAYA ‘ tetapi karena mereka tidak berpikir “ SAYA “. Mereka berpikir” KITA “ mereka berpikir  ‘TEAM ‘ mereka paham bahwa tugas mereka adalah untuk membuat sebuah tim berfungsi dengan baik. Mereka menerima tanggung jawab mereka, dan tidak mengesampingkan, namun “KITA” lah yang mendapat penghargaan…..hal inilah yang memberimu kepercayaan, yang memberimu kemampuan untuk menyelesaikan tugasmu….(≫….peter.f.drucker….≪) “

“ penting bagi kita untuk tidak mendefinisikan sebuah tujuan sebagai sebuah aktivitas atau metode. Tujuan harus selalu berhubungan langsung dengan menciftkan kehidupan yang lebih baik bagi semua orang…. Tujuan dari sebuah sistem aharuslah jelas bagi semua orang dalam sistem tersebut. Tujuan harus diikuti dengan rencana kedepan. Tujuan adalah ukuran nilai….(≫…..w. edwards deming…..≪ )”

“ perlakukan lah orang lain seperti apa yang pantas mereka dapatkan, dan bantulah mereka untuk menjadi apa yang mereka mampu…(≫…johan wolfrang…..≪)”
“ salah satu ukuran kepemimpinan adalah mutu dati orang-orang yang memutuskan utnuk mengikutimu (≫…..deniss .a.peer…..≪)”

“ seorang pemimpin sejati harus memiliki kebijakan pintu-terbuka agar rakyatnya tidak takut mendekatinya…(≫…harold geneen…≪)”

“ kepemimpinan adalah membuat orang lain bekerja padamu tanpa membuat mereka wajib untuk bekerja (≫….fred smith….≪)”
“ seorang pemimpin memberikan contoh, entah disengaja atau tidak (≫….anomyouss…≪)”




Kata-Kata Inspirasi Tentang Kebaikan




“ seseorang yang kekuasaanya masih baru selalu bersifat keras (≫….aeschylus…≪)
“ bersikaplah yang baik, karena semua orang yang kamu jumpai sedang menghadapi perjuangan yang berat (≫….plato….≪) “

“ untuk memimpin orang lain berjalan disampin mereka….seorang pemimpin yang terbaik, keberadaanya tidak akan disadari orang lain. Seorang pemimpin terbaik berikutnya keberadaannya dihargai dan dipuji orang lain. Yang berikutnya, ditakuti orang lain ; dan berikutnya, dibenci orang lain….ketika tugas sang pemimpin yang terbaik telah tuntas, orang-orang akan berkata “ kami melakukanya sendiri  “

“ kau tidak memimpi dengan cara memukul kepada orang lain---itu adlah tindak kekerasan bukan kepemimpinan….(≫….dwight.d.eissenhover….≪)”

“ kepemimpinan adalah kombinasi dari strategi dan karakter, jika kamu harus mengilangkan salah satunya, hilangkanlah strategi…(>…h.norman schwarzkopf)
“ kepemimpinan adalah menyelesaikan masalah. Ketika para serdadu telah henti menghadapkan masalah mereka padamu,pada saat itulah kamu sudah berhenti memimpin mereka. Mereka mungkin sudak kehilangan keyakinan atas kemampuaan mu untuk membantu, atau sudah menyimpulkan bahwa kamu tidak peduli. Keduanya adalah contoh kegagalan dalam kepemimpinan…(≫>…..karl popper…≪)”

“ pemimpin  yang memandang bahwa kekeuasaan akan lebih kuat atau lebih baik bila didasari dengan kekutan dari pada dilebur dengan kasih sayang, telah melakukan kesalahan yang sangat fatal..(≫….terence…..≪)”

“ tanggung jawab pertama seorang pemimpi adlah untuk mendefinisikan kenyataan. Tanggung jawab terakhir adalah untuk mengucapkan “ TERIMA KASIH” dalam melaksanakan tugasnya. Seorang pemimpin adlah pelayan…(≫…max de pree..≪)”

“ pimpin dan doronglah rakyatmu. Jangan mencoba untuk mengatur dan memanipulasi rakyatmu.barang inventaris dapat diatur, namun rakyat harus dipimpin (>..ross perot)”
“ rakyatku pergi. Aku harus mencari tahu kemana tujuan mereka pergi, agar aku bisa memimpin mereka…(≫…alexander auguste….≪) “

“ orang-orang yang bertanya apa perbedaan peminpin dengan boss… seorag pemimpin memimpin dan seorang bos mengendalikan…..(≫….theodore roosevelt…)”
“ seorang boss mengendalikan para pekerjanya; seorang pemimpin membimbing para pengikutnya. Seorang boss bergantung pada kekuasaan; seorang pemimpin bergantung pada tujuan mulia. Seorang boss membangkikan rasa takut. Seorang pemimpin membangkitkan semangat. Seorang boss berkata “AKU”; seorang pemimpin berkata “KITA”;seorang boss mempersiapakan makian untuk sebuah kesalahan; seorang pemimpin memperbaiki kesalahan. Seorang berkata “ pergi” seorang pemimpin berkata” ayo” berangkata”!….(≫….gordon selfrigde….≪)”

“ bukti tertinggi atas sebuah kebaikan adalah memiliki kekuasaan yang tidak terbatas tanpa menyalahgunakanya….(≫….thomas bahingtong macalauy…≪)”

“ anda ingin naik ? mulailah dengan turun. Anda ingin membangun manara yang tingginya samapai menembus awan ? mulilah denga meletakakan dasar akan kerendah hatiaan “…..(≫..st.augustine…≪)”

“ untuk menghidupkan api, kipasilah arang yang sudah menyala. Untuk menjaga agar oragnisasimu tetap hidup, penting bagimu untuk mencari dan memotivasi para pemimpin atau calon pemimpin dalam oraganisasimu, tanpa peduli sejauhmana kamu harus mencarinya…(≫….dexteryager….≪)”

“ pengetahuan saja tidak cukup untuk mencapai hasil yang diinginkan. Anda harus memiliki kemampuan tersendiri untuk mengajari dan memberi motivasi. Hal inilah yang membentuk seorang pemimpin ; jika anda tidak dapat mengajarkan dan tidak dapat memberi motivasi anda tidak dapat memimpin…(≫…jhon wooden…≪)”

“ pada pemimpin berfokus pada hal-hal yang ringan, rakyat, nilai moral, karakter, dan komitmen. Alasan semua hal yang dianggap sepele dalam dunia bisnis. Namun hal-hal inilah yang harus dihadapi terlebih dahulu dan selamanyaoleh seorang pemimpin sejati. Itulah mengapa kepemimpinan adalah seni, dan bukanlah ilmu pengetahuaan…(≫….tom peter….≪ )”

“ seorang pemimpin harus bersikap praktis dan realistis, namun ias juga harus dapat memahami bahasa dari para pemimpi dan idealis…(≫…eric hoffer…≪)”
“ aku akan dapat melihat lebih jauh, bila aku berdiri dibahu seorang raksasa…(≫…isaac newton….≪)”





Kata-Kata Inspirasi Tentang Keberanian



“ kamu harus melompati jurang-jurang setiap saat dan membangun sayapmu dalam perjalanan turun (≫….roy brandhury….≪)”

“ masalahnya adalah jika anda tidak mangambil resikoapa pun, itu artinya anda sudah mengambil resiko besar….(≫…erica jong….≪)”

“ untuk masalah gaya, berenanglah mengikuti arus; dalam masalah prinsip bertahanlah bagai sebuah batu yang tegar (≫….thomas jefferson…..≪)”
“ segerombolan bebek terbang karena mengikuti terbang seekor bebek, bukan karena mengikuti suara jeritanya…(≫…Pribahasa China….≪)”

“ kepemimipinan adalah sebuah tindakan, bukan kedudukan, keyakinan diri adalah dua pertiga dari keberhasilan(≫…Donald.h. Mcgannon...≪)”
“ seorang kapten pemberani bagikan sebuah akar, dimana keberanian para prajuritnya akan muncul bagaikan ranting-rantingnya…(≫..Sir Philip…≪)”

“ jika seorang pemimpin penuh dengan ambsi tinggi, dan jika ia mengerjakanya dengan keberanian serta dengan kemauan yang kaut, ia kan mencapai ambisinya tersebut melewati segala rintangan yang ada….(≫ karl von Clausewitz…≪)”

“ seorang pemimpin yang kharismatis memproleh dan mempertahankan kekuasaanya hanya dengan memperlihatkan kekuatanya dalam hidup “
“ semua orang sanggup memegangi helmnya sendiri jika laut sudah tenang “

“sangat sulit memimpin sebuah pasukan kavaleri jika kamu merasa terlihat konyol diatas kuda….”
“ sepasukan domba yang dipimpin oleh seekor singa akan dapat mengalahkan sepasukan singa yang dipimpin oleh domba…(≫….pribahasa arab…≪)

“ seorang pemimpin harus memilikki keberanian untuk bertindak melawan nasihat seorang ahli…(≫..james callaghan…≪)
“ utamakan selamat sudah menjadi semboyan hidup manusia selama setengah juta tahun; namun semboyan ini bukanlah semboyan bagi seorang pemimpin. Seorang pemimpin harus menghadapi bahaya.ia harus bisa menanggung resiko dan konsekuensinya , dan dapat menghadapi terjangan badai yang akan dijumpai..”

“ jika itu adalah usul yang bagus, maka laksanakanlah. Meminta maaf akan lebih mudah dari pada meminta ijin…(≫…grace hopper…≪)



Kata-Kata Inspirasi Tentang Kedisiplinan


“ jangan takut untuk mengambil langkah besar yayng sudah terlihat. Anda kan dapat melewati jurang yang besar hanya denga dua langkah kecil “

“ kebanyakan kelompok tidak hancur karen amelukukan kesalahan; kebanyakan mati karena tidak berjalan…anda harus memiliki pemimpin yang kuat untuk memberikan arah bagi kelompok anda. Dan arah ini tidak perlu merupaka arah yang terbaik….hanyalah arah yang tegas dan jelas…”

“  para pemimpin adalah pemimpin dengan naluri yang buruk akan rasa takut, dan konsep yang lemah kan segala kemungkinan yang menentang mereka …(≫….dr. robert jarvik…≪,)”

“ puncak gunung mengilhami para pemimpin, namun lembah-lembahlah yang mendewasakan mereka….(≫…wnston churcill…≪)
“ semua orang sanggup menghadpi kemalangan, tapi jika kamu ingin menguji karakter seseorang berilah dia kekuasaan..(≫…abraham lincoln…≪)

“ tidaklah adil untuk meminta orang lain melakukan sesuatu yang kamu sendiri enggan untuk melakukaknya….”
“ contoh adalah kepemimpinan “
“ apa yang tidak dapat kamu laksanakan, jangan kamu printahkan…(≫sopholces…≪)

“ setengah dari kerusakan yang dialami dunia ini disebabkan oleh orang-orang yang ingin merasa penting… mereka tidak bermaksud untuk erusak….mereka terjebak dalam perjuangan yang tidak berujung untuk emikirkan kebaikan diri mereka sendiri…”

“ kecepatan dari sang pemimpin menentukan kualitas dari kumpulanya, seekor kuda pacu, yang berusaha memenangkan sebuah balapan dengan usahanya sendiri, akan berlari lebih kencang lagi jika ia mendapat dorongan…(>…ovid…<)

“ masyarakat bagaikan sebuah kapal, semua orang harus siap mengenakan helmnya, jika bunyi trompet terdengar aneh, siapa yang akan siap untuk bertempur….”st,paul

“ bersabarlah,segalanya memang terasa sulit sebelum menjadi mudah, mengusir orang memang selalu lebih mudah dari pada melatihnya. Tidak ada pemimpin hebat yang membangun reputasinya dengan cara memecat orang. Banyak orang hebat yang membangun reputasinya dengan cara mengembangkan para pengikutnya….”Naomyous’



Rudini Mulya Daulay
Ketua Umum IMTI – FT UMB
 
???


Me and My Friends



Tidak ada komentar:

Posting Komentar