Minggu, 02 September 2012

KEGIATAN HALAL BIHALAL KELUARGA BESAR IMTI FT UMB 2011





LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN
KEGIATAN HALAL BIHALAL KELUARGA BESAR IMTI
DAN SANTUNAN SOSIAL
2010 / 2011

IKATAN MAHASIWA TEKNIK INDUSTRI
PERIODE 2012 2013

“The New Generation of Industrial Engineer



IKATAN MAHASISWA TEKNIK INDUSTRI
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS MERCU BUANA
JAKARTA
2012

I.       PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang

      Menjadi mahasiswa – mahasiswi di fakultas teknik industri universitas mercubuana adalah suatu kebanggaan. Kenangan dikalaremaja semasa kuliah yang penuh dinamika terukir dengan manisnya. Saat-saat kuliah adalah pembentukan jati diri menjadi manusia dewasa yang penuh dengan cita-cita. Masa yang penuh dengan gejolak, kreativitas pengembangan kepribadian, penggalian dasar-dasar keilmuan, penanaman kepedulian dan persiapan menuju masa depan.

Rasa ingin mengenang kembali saat berada dalam kebersamaan yang penuh dengan kekeluargaan, keceriaan dan kesetiakawanan tentu sangat kuat sekali.Rasanya kebahagian saat belajar bersama dulu baru kemarin ditinggalkan, tak terasa sudah sekian tahun tidak berjumpa. Pertemuan dalam suasana ” Halal Bihalal keluarga besar IMTI Dan Santunan Sosial bersama pelakasanaan progam kerja perayaan HUT IMTIdengan teman-teman waktu kuliah bersama, tentu menjadi suatu kebahagiaan tersendiri dan merupakan wujud mempererat tali silaturrahim.Para keluarga besar IMTI dan alumni diharapkan mampu ikurserta membantu usaha-usaha tercapainya tujuan almamater sebagai pelopor dari kemajuan masyarakat dan kebudayaan manusia serta membentuk insan yangbertanggung jawab akan kesejahteraan masyarakat


1.2    Tujuan

     Halal Bihalal keluarga besar IMTI Dan Santunan Sosial tahun angkatan 2010 / 2011 memiliki maksud dan tujuan sebagai berikut  :

§   Sebagai ajang temu kangen antar Mahasiswa Teknik Industri dan alumni teknik  industri   beserta keluarga dan almamater universitas mercubuana.

§   Mempererat tali silaturahmi antar  mahasiswa teknik industri,alumni beserta keluarga dan almamater universitas mercubuaana.

§     Sebagai wahana dalam rangka membentuk ikatan kekeluargaan antar mahasiswa teknik industri universitas mercubuana yang kuatdan terjalin erat.

§     Memperluas jaringan ikatan alumni universitas mercubuana.

§     Menunjukkan perkembangan fakultas teknik industri kepada para alumni.

§      Membuka jalur peran serta alumni bagi perkembangan teknik industri universitas mercubuana.





II.    PARAMETER KEBERHASILAN KEGIATAN

Parameter yang kami jadikan sebagai acuan berkaitan dengan tujuan inti dari acara Halal Bihalal keluarga besar IMTI Dan Santunan Sosial tahun angkatan 2010 / 2011 tersebut. Kami fokus kepada peningkatan bentuk persaudaraan dan kebersamaan mahasiswa/i teknik industri Universitas Mercu Buana Jakarta, serta silahturahmi antara peserta, panitia, senior, alumni dan para pembimbing di teknik industri khususnya pada acara tersebut. Sebagai parameter sekunder keberhasilan kegiatan ini, kami mengacu kepada kemampuan kami dalam mengkoodinir masing – masing seksi agar dapat bekerja secara optimal sesuai dengan bobot kerjanya.

III.    PELAKSANAAN KEGIATAN

Daftar fokus yang kami gunakan sebagai koordinasi dalam mengadakan kegiatan ini adalah sebagai berikut:

   1.      Waktu

     Kegiatan Halal Bihalal Keluarga Besar IMTI dan Santunan Sosial tahun angkatan 2010 / 2011. Yang di adakan pada tanggal 30 september 2011. Pemilihan waktu ini berdasarkan pertimbangan yang di dapat setelah melakukan diskusi dan pengamatan terhadap jam kuliah peserta dan panitia, ketersediaan tempat sebagai lokasi acara, dan beberapa faktor pendukung lainnya.

     2.      Tempat

Terkait dengan lokasi kegiatan Halal Bihalal Keluarga Besar IMTI dan Santunan Sosial tahun angkatan 2010 / 2011 laksanakan di Gedung E, atrium universitas Mercu Buana.. Pemilihan lokasi dianggap sebagai solusi yang cerdas dan efisien dalam mengantisipasi pembengkakan dana secara financial dan keefektifan dalam memaksimalkan waktu yang tersedia.

    3.      Peserta Kegiatan

Peserta terdiri dari mahasiswa/i teknik industry angkatan 11. Kemudian hadir pula para pengurus IMTI, Senior, Alumni, Kepala Program Studi Teknik Industri dan para dosen teknik industri Universitas Mercu Buana. Total peserta yang hadir sebanyak 32 dari total 32.

     4.      Jalannya Acara

Kegiatan Halal Bihalal Keluarga Besar IMTI dan Santunan Sosial tahun angkatan 2010 / 2011 berjalan dengan lancar dengan sedikit kendala yang masih bisa diantisipasi oleh panitia kegiatan.

    5.      Pelaksanaan Kerja Masing-masing Seksi

Kinerja yang dilakukan oleh masing – masing seksi dapat dinilai cukup efektif dan berkesinambungan antara satu sama lain. Walaupun terdapat kendala yang terjadi pada masing – masing seksi namun, hal tersebut dapat diatasi dengan kerja sama yang memuaskan semua pihak.

   6.      Pengelolaan Dana Kegiatan

Sirkulasi dana kegiatan dilakukan langsung oleh bendahara atas pengawasan dan izin ketua pelaksana. Dilakukan pencatatan dan pengumpulan kwitansi demi menjaga kevalidatan data financial kegiatan Halal Bihalal Keluarga Besar IMTI dan Santunan Sosial tahun angkatan 2010 / 2011.


IV.   LAPORAN KEUANGAN (REKAPITULASI)

      Terlampir.

V.    EVALUASI
Di bawah ini merupakan kesimpulan dan kendala yang terjadi pada masing – masing panitia kegiatan Halal Bihalal Keluarga Beasar IMTI dan Santunan Sosial tahun angkatan 2010 / 2011 dalam menjalankan fungsi dan tugasnya secara optimal :

    1.      Ketua pelaksana:

    Mengkoordinasi setiap seksi terkadang memperlambat kinerja dalam acara, namun itu segera bisa diatasi dengan koordinasi yang baik dari para koordinator setiap seksi.

             2.      Sekretaris:
   Pembuatan proposal, surat – surat keluar, maupun laporan pertanggung jawabannya mengalami hambatan dalam hal ketersediaan sumber acuan pada proposal terdahulu. Selebihnya fungsi sekertaris berjalan dengan efektif.

3.      Bendahara:
     Pencarian dana pada awalnya mengalami kesulitanyang kemudian dapat diatasi melalui kerja sama dengan para seksi lainnya. Sirkulasi dana dapat dicatat dengan cermat sesuai dengan kondisi sebenarnya.

4.      Seksi Acara:
    Penguluran waktu yang terjadi sebagai akibat dari keterlambatan beberapa pihak sedikit menggangu susunan kegiatan yang ada, namun hal tersebut tidak terlalu mengusik kelangsungan kegiatan yang sedang dilaksanakan. Pemformatan ulang pada bagian akhir kegiatan juga merupakan kendala lain yang dialami oleh kepanitiaan kegiatan Halal Bihalal Keluarga Besar IMTI dan Santunan Sosial tahun angkatan 2010 / 2011 bagian seksi acara.

5.      Seksi Humas:
    Kurangnya informasi yang diperoleh mengenai keberadaan atau info kontak terhadap para undangan yang diundang menjadikan hal ini sebagai suatu kendala yang ikut hadir dalam kegiatan ini. Namun kendala ini dapat diatasi dengan bantuan dari berbagai pihak terkait.

6.      Seksi Perlengkapan:
    Seksi perlengkapan mengalami kendala pada pengadaan karpet, sound system, kain untuk pembatas tempat. Namun mendekati tanggal pelaksanaan kegiatan muncul solusi yang dapat mengatasi kendala ini.

7.      Seksi Konsumsi:
   Dalam kepanitian ini seksi memiliki andil yang sangat besar dalam fungsinya terkait pengaturan pengadaan konsumsi. Waktu dan penyajian konsumsi dinilai kurang lengkap. Namun dengan cepat kendala ini dapat diatasi dengan cerdas oleh panitia secara keseluruhan.

8.      Seksi Transportasi:
    Kami mengalami keterbatasan dalam penyediaan kendaraan beroda empat.Kendaraan ini bertugas dalam pengadaan konsumsi, perlengkapan dan penjemputan anak yatim. Walaupun terdapat kondisi seperti itu, sebagai panitia kami terbukti bisa memaksimalkan fasilitas yang ada dan menghasilkan kinerja yang efektif dan efisien.

9.      Seksi Dokumentasi:
    Kendala yang terdapat pada seksi dokumentasi adalah kurangnya antisipasi terhadap habisnya batrei Camera Digital pada waktu yang tidak terduga.Namun hal ini tidak menyurutkan semangat panitia dan peserta untuk tetap menjalankan kegiatan Halal Bihalal Keluarga Besar IMTI dan Santunan Sosial tahun angkatan 2010 / 2011 dengan penuh semangat.

VI. PENUTUP

Kegiatan yang bertemakan Halal Bihalal Keluarga Besar IMTI dan Santunan Sosial tahun angkatan 2010 / 2011 merupakan bentuk pertanggung jawaban kami dalam melaksanakan progam kerja yang telah disusun sebelumnya. Kemudian melalui laporan pertanggung jawaban ini, kami merangkum keseluruhan aspek yang terkait dalam pengadaan kegiatan ini. Aspek ini antara lain terdiri dari kendala dan hambatan yang dialami keseluruhan panitia dalam pelaksanaan kegiatan ini. Kemudian rincian dan sirkulasi dana yang diperlukan dalam pelaksanaan kegiatan ini.

Besar harapan kami terhadap kepanitian kegiatan mendatang agar dapat dengan sungguh – sungguh memahami dan mempelajari kondisi kinerja dalam pelaksanaan kegiatan ini mealui laporan pertanggungjawaban yang telah kami susun. Hal ini dapat dijadikan sebagai rujukan dalam perbaikan kualitas pelaksanaan kegiatan yang akan diadakan di kemudian hari.

Setulus hati kami ingin mengucapkan rasa terima kasih kepada Kepala Program Studi Teknik Industri .Kemudian pada para alumni, senior, dan peserta yang turut serta meramaikan dan mendukung jalannya kegiatan ini. Terakhir sebagai panitia kami juga saling berterimakasih dan turut menghargai atas kerja keras dan kerja sama dalam mewujudkan keberhasilan kegiatan ini. Sekian dari kami, melalui laporan pertanggung jawaban ini kami harapkan akan perbaikan kualitas pelaksanaan dari kegiatan serupa di masa yang akan datang.




LEMBAR PENGESAHAN

Hormat Kami,

Ketua Pelaksana
Sekretaris



Amalda Zulkarnaen
Rudini mulya








                       
Menyetujui,

Ketua
Dewan Perwakilan Mahasiswa
Ketua
Ikatan Mahasiswa Teknik Industri


Ramdhani
Ahmad mathhuri


Mengetahui,
Kepala Program Studi
Teknik Industri



     Ir. Muhammad Kholil, MT.



LAMPIRAN



Lampiran 1    :           LAPORAN KEUANGAN
Lampiran 2    :           BUKTI-BUKTI TRANSAKSI
Lampiran 3    :           SUSUNAN KEPANITIAANFOKERTI 2010
Lampiran 4    :           SUSUNAN KEGIATAN
Lampiran 5    :           DOKUMENTASI
Lampiran 6    :           USULAN KEGIATAN



Lampiran 1 :
LAPORAN KEUANGAN

    A.    PENERIMAAN

Transaksi
Keterangan
Jumlah
No. Bukti
Tanggal
(Rp)
A1
19-09-11
Subsidi Fakultas/Jurusan
Rp 1.000.000

20-09-11
Iuran Peserta
(32 x Rp 40.000)

Rp 1.280.000

20-09-11
Iuran Panitia
( 46 x Rp 50.000 )

Rp 2.300.000


Sumbangan Donatur
Rp    852.800
TOTAL PENERIMAAN
Rp 5.432.800
Terbilang : Lima juta empat ratus tiga puluh dua ribu rupiah

  
    B.     PENGELUARAN


Transaksi
Keterangan
Jumlah
No. Bukti
Tanggal
(Rp)
SANTUNAN

21-09-11
Santunan untuk anak yatim piatu
Rp 1.000.000
Sub Total
Rp  1.000.000
KESEKERTARIATAN
B1
14-09-11
Print Proposal
Warna : 11 lembar x  Rp 1500
Hitam  : 35 lembar x  Rp 300

Rp       16.500
Rp       10.500
Print Surat Undangan + Edaran
Hitam  : 7 lembar x  Rp 300
Warna : 6  lembar x  Rp 1500

Rp         2.100
Rp         9.000
B2
16-09-11
Foto Copy Proposal (2 copy)
26 lembar x  Rp 100

Rp         2.600
B3
16-09-11
Jilid  3 Proposal
Kawat : 1 x  Rp  2.000
Plastic : 2 x  Rp  3.000

Rp         2.000
Rp         6.000
B4
16-09-11
Foto Copy Surat Undangan
44 lembar x  Rp 150

Rp         6.600


B5
18-09-11
Foto Copy Surat Edaran
32 lembar x  Rp 150

Rp          4.800
B6
10-10-11
Print LPJ
Warna : 3 lembar x  Rp 1.500
Hitam  : 22 lembar x  Rp 300

Rp          4.500
Rp          6.600
B7
11-10-11
Foto Copy LPJ (2 copy)
44 lembar x  Rp 150

Rp          6.600
B8
11-10-11
Jilid LPJ
3 x  Rp 3000

Rp          9.000
Sub Total
Rp       86.800
KONSUMSI
B9
29-09-11
Nasi Ayam
240 Box x  Rp 10.000

Rp   2.400.000
B10
29-09-11
Snack
240 Bungkus x  Rp 3.000

Rp      720.000
B11
29-09-11
Nasi Tumpeng
Kue Tart
Rp      500.000
   Rp      100.000
B12
30-09-11
Aqua Gelas
5  Dus x  Rp 17.000

Rp        85.000
B13
30-09-11
Aqua Galon
1 Galon x  Rp 5.000

Rp          5.000
Es Batu
2 x  Rp 1.000

Rp          2.000
B 14
30-09-11
Susu Kental Manis
8 Sachet x  Rp 1.000

Rp          8.000
Susu Kental Manis Kaleng

Rp          9.500
Sirup
1 Botol x  Rp 14.000

Rp        14.000
B 15
29-09-11
Gelas Plastik Besar
Rp        16.000
Tras Bag
Rp          8.000
Sendok Plastik
Rp          6.000
B 16
29-09-11
The Botol
Rp          6.000
B 17
30-09-11
Gula pasir
1 Kg x  Rp  9.800
Rp        10.500

Sub Total

Rp  3.890.000

HUMAS
B 18
09-09-09
Pulsa
Rp        26.000
Sub total
Rp        26.000

TRANSPORTASI
B 19
11-09-09
Bus Kampus
2 bus x  Rp 135.000

Rp    270.000
B 20
11-09-09
Rokok Supir
2 kotak x  Rp 9.500
 
Rp      19.000
Sub Total
Rp    289.000
PERLENGKAPAN
B 21
09-09-09
Spanduk
Rp       75.000
B 22
11-09-09
Sewa Sound System
Rp       50.000
Sub Total
Rp     125.000
DOKUMENTASI
B 23
4-10-11
Cuci Cetak
4 lembar x  Rp 4000

Rp         16.000
Sub Total
Rp         16.000
Total Pengeluaran
Rp    5.432.800
Terbilang : Lima juta empat ratus tiga puluh dua ribu rupiah

      

 Mengetahui,


Komisi Keuangan                                                           Bendahara
   Dewan Perwakilan Mahasiswa                               Ikatan Mahasiswa Teknik Iindustri                    


            Anggi sulistiana                                                               Mardianto



MEDIA PARTHERS :





 Dipost Oleh : Rudini Mulya_[41610010035]/Industrial Engineer - FT UMB 04/09/2012



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar