Senin, 03 September 2012

MEMORIES OF FOKERTI IMTI _ FT UMB 2010






FOKERTI 2010
IKATAN MAHASIWA TEKNIK INDUSTRI
PERIODE 2012 2013

“ The New Generation of Industrial Engineer


IKATAN MAHASIWA TEKNIK INDUSTRI
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS MERCU BUANA
JAKARTA
2012


Sekretariat : Kampus Mercu Buana, Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan – Jakarta Barat 11650
Telp. O81314106763,085775759617 ( Hunting ) Pes. 17 Fax 5840813 – PO Box 1027/ JKB 11010.
Email : teknikindustri10mercubuana@gmail.com


Fokerti adalah sebuah forum yang berdiri sejak tahun 2000, dengan gagasan para pendahulu mahasiswa teknik industri angkatan perdana. Fokerti adalah sebuah singkatan dari “Forum Keakraban Teknik Industri”. Acara yang diselenggarakan oleh IMTI setiap tahun ini bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa baru kepada ruang lingkup teknik industri yang disusun dalam forum-forum yang sangat membentuk kebersamaan mahasiswa Teknik Industri.


Saat Pembukaan Acara


Forum Keakraban Teknik Industri (Fokerti) yang Ke-X ini diadakan di luar Jakarta sehingga memberi kesan yang tidak terlalu kaku dan sebagai tempat untuk menghirup udara segar, melepas penat dari keseharian. Forum ini bukan hanya menyediakan suasana yang segar, tetapi juga memupuk keakraban antara para alumni, senior dan mahasiswa, sehingga tidak ada kesenjangan antara senior dan junior. Menjalin silaturahmi antar sesama dan juga mengajarkan kekompakkan bagi para panitia.

Suasana Saat Forum Doa

Sambutan dari Ketua Pelaksana dan IMTI menjadi pembuka acara, dan dilanjutkan dengan sambutan Kepala Program Studi dan juga Dekan Fakultas Teknologi Industri yang berlangsung hangat dan sangat kekeluargaan. Fokerti berlangsung dalam kurun waktu 3 hari, yaitu jum’at, sabtu dan minggu. Dimana malam mingu adalah puncak acara, yaitu makan bersama dengan senior ataupun alumni dengan api unggun yang menghiasi malam puncak.


Saat Pembagian Kelompok

Acara ini mempunyai makna penting dalam hal pengenalan bidang dan menjalin keakraban sesama serta kita juga dapat menggali informasi dari pengalaman para senior. Untuk ke depan, diharapkan acara Fokerti dapat diselenggarakan dengan lebih baik.



MEMORIES OF FOKERTI


Saat Makan Bersama

November 2010, tepatnya pada tanggal 19 – 21 November 2010 acara FOKERTI 2010 diadakan panitia angkatan 2009 dengan angkatan 2010 sebagai peserta. Semua itu meninggalkan kenangan yang tidak akan kami lupakan.


Saat Berakting Foto Model


Perjalanan dimulai dengan menggunakan dua bus kampus pada pukul 16.00 WIB dari tempat awal Universitas Mercu Buana menuju tempat tujuan di puncak Cisarua, bertempat di Villa Sembilan Cisarua, Bogor. Sesampainya di villa peserta kemudia beristirahat sejenak dan menyantap hidangan yang telah disiapkan panitia. Pada acara kali ini kami sempat merasakan duka yang cukup mendalam, karena kami menerima kabar bahwa ayahanda dari senior kami Syamsul Hadi dan Ayahanda dari rekan panitia Ade Pratama meninggal dunia. Maka setelah makan malam kami memanjatkan doa kepada Allah SWT dengan mengadakan Yasinan dan Tahlillan bersama agar semua amal perbuatan Almarhum diterima disisinya.

Saat Menikmati Hidangan Ayam Bakar

Setelah kita berdoa bersama acara berlanjut dengan sambutan dari ketua panitia dan ketua IMTI. Akhirnya setelah bapak Muhammad Kholil selaku Kepala Program Studi (Kaprodi) Teknik Industri dan Bapak Thorik Husein selaku Dekan Fakultas Teknologi Industri tiba, maka secara resmi acara FOKERTI Ke-X resmi dibuka dan beliau membawakan acara tentang seputar ruang lingkup Teknik Industri. Peserta pun tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk berbicara dan bertanya kepada pembicara.

Waktu terus berjalan dan malam semakin larut acara pada malam ini berakhir dan waktunya untuk beristirahat. Akan tetapi sangat disayangkan Bapak Muhammad Kholil dan Bapak Thorik harus meninggalkan villa pada malam itu juga, tetapi itu pun sudah menjadi nilai tambah bagi kepanitian karena beliau bisa menghadiri acara Forum Keakraban Teknik Industri Ke-X.

Saat Berolahraga Pagi

Ayam sudah berkokok, Azan sudah berkumandang, suara panitia yang membangunkan peserta sudah terdengar, kami pun bergegas mengambil air wudhu untuk menunaikan ibadah shalat Subuh. Wedang jahe menghangatkan kami di suasana pagi yang dingin di Cisarua. Kemudian kami olah raga pagi dan jalan – jalan menuju curug cilember yang tidak terlalu jauh dari lokasi penginapan hanya untuk menikmati suasana pagi di puncak dengan pemandangan yang indah, walaupun medannya sangat tinggi membuat kaki kami berat untuk melangkah, tapi disitulah kebersamaan kami mulai terbentuk dan lokasinya yang sangat cocok untuk berfoto-foto.


Saat Mengingat Waktu Games

Setelah puas berjalan – jalan kami kembali ke villa, peserta beristirahat sejenak dan ada kejadian lucu disini. Panitia mengadakan game kecil – kecilan ; “ yang belum gosok gigi, gosok gigi temennya hayooo “. Peserta terjebak dan banyak yang menggosok gigi temannya. Hahaha sederhana tapi menarik.

Setelah itu peserta dibagi ke dalam lima kelompok yang sudah ditentukam sebelumnya untuk acara outbond pagi. Setiap kelompok akan menempati lima pos yang di roolling, isi setiap pos adalah gabungan dari panitia dan senior yang sudah ditentukan. Waktu outbond limabelas menit per pos, dan waktu sisa setiap pos digunakan untuk sharing – sharing dan perkenalan dengan senior ( panitia sebagai pemandu ). Acara ini di maksudkan dengan tujuan untuk menghilangkan kejenuhan pada saat forum dan proses pembentukan keakraban dengan sesama peserta, panitia, dan senior.

Saat Berakting Aktor Teknik

Acara berlanjut ke makan siang kemudian istirahat satu jam untuk memulihkan tenaga. Kemudian acara berlanjut ke forum dengan senior dan alumni dengan membagi peserta ke dalam tiga kelompok. Awalnya masih ada rasa canggung dengan para alumni, akan tetapi setelah ada forum suasana menjadi nyaman, sungguh terasa suasana kebersamaan yang selama ini belum terlihat, rasa canggung peserta menjadi hilang seketika karena sudah ada komunikasi antara keduanya sehingga suasana kekeluargaan sangat terasa pada waktu itu.

Saat Uji Kebersamaan Teknik

Tiba di acara puncak adalah berkumpulnya seluruh mahasiswa teknik industri di tempat yang telah disediakan, dengan memutar film berupa slide foto – foto dari pertamakalinya IMTI terbentuk sampai saat ini, serta hasil dokumentasi kegiatan FOKERTI 2010 yang sudah diedit oleh panitia. Sambil menunggu ayam bakar matang kami mengadakan musik akustik bersama dengan lagu yang sudah disiapkan. Semua mahasiswa teknik industri bebas bernyanyi bersama dan ada performance dari peserta maupun dari panitia, menambah kemeriahan acara pada malam itu. Setelah hidangan matang maka makan malam dimulai dengan memakan hidangan secara bersama – sama, baik peserta, panitia, senior dan alumni semuanya makan dengan satu wadah. Sungguh momen yang tidak bisa di lupakan. Acara berakhir setelah makan malam dan istirahat.

Saat Uji Ketangkasan

            Hari minggu adalah hari terakhir dan ada satu forum dimana seluruh keluarga besar Mahasiswa teknik industri berkumpul untuk menyampaikan segala aspirasi, pendapat, keluh kesah, dan lain-lain menyangkut acara dan sebagai mahasiswa teknik industri Universitas Mercu Buana. Dan acara FOKERTI 2010 ditutup.
 

Akhirnya pukul 12.30 peserta kembali ke kampus.

Saat Kami Harus Kembali

Kami akan menjaga rantai persaudaraan kami sampai pada generasi yang tidak ada batasnya, karena persaudaraan keluarga besar Teknik industri Universitas Mercu Buana adalah harta yang patut kita jaga..


                  Sumber     Adaptasi : Rudini Mulya_Wiyoga Nur Alamsyah(Industri 2009/20010 )



Sang Motivator/Anti Galau Teknik



REFLEKSI



Setiap diri kita memiliki arti dan setiap diri adalah berharga,
itulah mahasiswa yang berdaya!
Perbaikan harus terus dilanjutkan untuk meraih kemajuan
dan melapangkan jalan panjang perjuangan yang penuh dengan duri.
Seperti diri kader IMTI UMB, setiap diri kita adalah berharga karena adanya kita akan menopang atau menyebabkan adanya yang lain dalam medan perjuangan. Setiap diri dari kita akan turut menentukan apakah jalan perjuangan kemahasiswaan akan terseok-seok atau tidak! akan terus atau terhenti!

Mahasiswa atau orang lain akan bangga saat melihat kita semua yang senantiasa penuh semangat menyusun rencana dan menggulirkan berbagai program untuk kemahasiswaan yang lebih baik,
untuk kehidupan yang lebih baik.
Setiap tetes keringat,
setiap kedipan mata tuk mengusir rasa kantuk,
setiap getaran tubuh tuk mengusir dinginnya malam
Yakin akan tercatat sebagai upaya kita tuk menopang pilar-pilar perjuangan mahasiswa
untuk IMTI UMB yang lebih baik,
untuk Indonesia yang lebih baik.

Kita semua adalah rantai motor perjuangan yang saling bertautan.
Kelemahan atau kekuatan satu dari kita akan sangat mempengaruhi gerak dari motor perjuangan tersebut atau bahkan akan menghentikan gerak motor tersebut karena rantai yang terputus.
Adalah sebuah kewajiban dari tiap diri kita tuk saling menguatkan dengan yang lain dalam gerak motor perjuangan ini.

Dan pastilah setiap dari kita akan dimintai pertanggung jawaban
atas apa yang telah ia lakukan.
Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa meridloi usaha ini
serta merahmati dengan kenikmatan dalam berjuang,
tentunya juga ampunan atas semua dosa kita.

Wahai para Pewaris Perjuangan
Saluran telah dipilih, mau bangga ataupun tidak
Inilah Himpunan kita tercinta.
Tidak akan pernah bisa
untuk dipungkiri kalau kita adalah bagian darinya.
Himpunan ini akan menjadi bagian dalam lembaran sejarah hidup kita.
Jangan jadikan kampus sekadar tempat membuang uang
Janganlah jadikan Himpunan ini sebagai alat ego kita
Berikanlah yang terbaik untuk keduanya dan untuk Indonesia.

Perjuangan harus terus dilanjutkan

oleh...

Kau...

Dia...

Mereka...

atau Aku...

….BEKERJALAH, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mu'min
akan melihat pekerjaanmu ….

Q.S At-Taubah (9):105



Reporter : Rudini Mulya_Industrial Engineer Of  Mercu Buana University./05/09/2012.docx.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar