Kamis, 16 Agustus 2012

USULAN KEGIATAN FORUM KEAKRABAN TEKNIK INDUSTRI IX





FORUM KEAKRABAN TEKNIK INDUSTRI
UNIVERSITAS MERCU BUANA
KE-IX




I.                   Latar Belakang

Sehubungan hadirnya mahasiswa baru di lingkungan Jurusan Teknik Industri Universitas Mercu Buana (FTI UMB), yang diharapkan mampu menjadi sumberdaya manusia di bidang teknik inndustri yang berkualitas dalam aspek teori dan praktek, serta dapat beradaptasi dengan perkembangannya yang sangat cepat dewasa ini, maka diperlukan suatu pengembangan diri bagi mahasiswa baru agar dapat berperan aktif dalam membangun Jurusann Teknik Industri  dari segi pendidikan maupun kelembagaan mahasiswa sehingga dapat menjawab tantangan dalam bidang perindustrian.

Dalam rangka merealisasikannya pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan Ikatan Mahasiswa Teknik Industri (HMJ IMTI) FTI UMB periode 2010/2011 bermaksud akan menyelenggarakan Forum Keakraban Teknik Industri Universitas Mercu Buana Ke-X (FOKERTI UMB KE-X). FOKERTI ini merupakan program kerja HMJ IMTI yang rutin dilaksanakan tiap tahun sebagai perwujudan dari hasil Musyawarah Kerja HMJ IMTI. Diharapkan acara ini dapat menghasilkan mahasiswa Teknik Industri yang dapat bekerja sama dengan para pendahulunya, di bidang akademik maupun organisasi, tanpa merasa canggung sehingga dapat mengembangkan potensi dirinya dalam menyelesaikan permasaahan-permasalahan khususnya yang ada di dunia industri.

II.                Maksud dan Tujuan Kegiatan

Adapun maksud dan tujuan diselenggarakannya FOKERTI UMB X ini antara lain adalah:

1.    Meningkatakan solidaritas dan keakraban antar mahasiswa sebaai modal dasar kemajuan perkumpulan mahasiswa jurusan.
2.    Memelihara komunikasi yang sehat di antara seluruh komponen yag ada dalam program studi Teknik Industri FTI UMB.
3.   Memperkenalkan HMJ IMTI sebagai wadah yang dapat menampung dan menyalurkan aspirasi serta kreativitas, sekaligus sebagai sarana pemersatu dan mempererat persaudaraan antara mahasiswa Teknik Industri.
4.    Menggali segenap potensi yang dimiiki oleh mahasiswa baru Teknik Industri FTI UMB, agar kemudian dapat mengimplementasikannya daam kegiatan lingkungan Jurusan Tekik Industri yang bersifat inovatif, edukatif, dan bermanfaat.
5.    Memotivasi mahasiswa baru untuk menunjukkan eksistensinya di lingkungan Uniersitas Mercu Buana khususya dan peguruan tinggi lain, dunia industri, serta masyarakat luas pada umumnya.


III.             Deskripsi Kegiatan

a.     Nama Kegiatan :

“ FORUM KEAKRABAN TEKNIK INDUSTRI UNIVERSITAS MERCU BUANA Ke-X (FOKERTI UMB Ke-X) ”

b.    Tema Kegiatan :

“ MEMAJUKAN FIKIRAN DENGAN PERSAUDARAAN TEKNIK INDUSTRI UNIVERSITAS MERCU BUANA”

c.     Waktu dan Tempat Pelaksanaan :

Hari / Tanggal              : Jumat-Minggu / 19 - 21 November 2010
Tempat                        : Villa 9
                                                              Jl. Hankam Desa Jugjugan,
                                                              (Air Terjun Cilember) Cisarua – Bogor


d.    Metode Kegiatan :
·       Diskusi

Disini mahasiswa memperoleh inside thinkingdari paradigma baru sebagai seorang mahasiswa dalam sebuah tim yang berstruktural. Perubahan ilmiah yang diamati fasilitator selama proses pembentukan karakter.

·      Ceramah Umum dan Dialog

Merupakan metode penyampaian informasi secara langsung serta sarana pengembangan aspek pengetahuan, sehingga terjadi komunikasi dua arah.

·      Outward Bound

Metode ini mengutamakan kekuatan pada proses pencapaian tujuan dimana peserta akan dihadapkan pada analogi perjuangan dan pergerakan yang berjenjang dan menantang sehingga peserta akan megerti proses perjuangan.

·      Coffe Breaks

Digunakan untuk menciptakan suasana akrab , gembira, kreativitas serta menumbuhkan rasa kepercayaan, penalaran, dan introspeksi.

IV.             Peserta

Kegiatan FOKERTI UMB Ke-X ini diikuti oleh mahasiswa Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri Universitas Mercu Buana dimulai dari alumni, angkatan 2000 sampai dengan angkatan 2005 dan para senior mulai angkatan 2006 dengan fokus pembinaan pada angkatan 2010, sesuai dengan hasil musyawarah kerja HMJ IMTI Universitas Mercu Buana periode 2010/2011.

V.                Susunan Kepantiaan

(Terlampir)

VI.             Susunan Acara

(Terlampir)

VII.          Anggaran Biaya

(Terlampir)



VIII.       Penutup


Besar harapan kami agar anggaran dana yang kami butuhkan dapat terpenuhi, sebagai kontribusi agar dapat terselenggarakannya kegiatan FOKERTI Ke-X.
     Akhir kata, kami selaku panitia pelaksana mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan moral maupun materi dalam mewujudkan kegiatan ini.


   Jakarta, 09 November 2010
                                                                                                                        Hormat Kami


                                                                                                                      Panitia Pelaksana



Tidak ada komentar:

Posting Komentar