Minggu, 30 Juni 2013

Pendakian Gunung Ciremai Dalam Rangka Baksos-Teknik Industri 2012




PERTUALANGAN
Pendakian Gunung Ciremai
Ikatan Mahasiswa Teknik Industri
14-21 Juli 2012
                                                                                                                       
Kedalaman hati merengkuh dunia, tiada berbekas dan berharap.
Angkara murka tak mampu berharap hanya menanti kehancuran.
Bingkai dunia melenakan mata, hanya nurani yang mampu menghentikannya


Team Pendakian Gunung Ciremai-IMTI 2012

     Cirebon (15-19) Juli 2012, Pendakian ke puncak Gunung Ciremai  yang dimotori oleh IMTI (Ikatan Mahasiswa Teknik Industri) MERCU BUANA, merupakan pendakian resmi organisasi IMTI pertama yang melelahkan. Gunung Ciremai pula yang merupakan gunung pertama yang Aku daki. Pendakian ini Aku jadikan sebagai pelajaran pertama serta pembangkit semangat untuk memantapkan diri dan sebagai motivasi yang positif untuk melakukan petualangan sendiri.

    Gunung Ciremai memiliki ketinggian sekitar 3.078 meter di atas permukaan laut dan merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat. Di puncak gunung Ciremai terdapat dua kawah yang berpotongan dengan ketinggian kurang lebih 2.900 meter di atas permukaan laut. Gunung Ciremai adalah gunung yang termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai dengan memiliki luas kurang lebih 15.500 hektar.

Foto Bersama Saat Dalam GUA

    Taman Nasional Gunung Ciremai termasuk ke dalam wilayah adminstratif Kabupaten Kuningan dan Majalengka, dimana berbatasan langsung dengan 25 desa di Kabupaten Kuningan dan 20 desa di Kabupaten Majalengka.

    Di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai, sebagian besar hutannya merupakan hutan alam primer (virgin forest) yang terbagi ke dalam tiga kelompok, yaitu hutan hujan dataran rendah, hutan hujan pegunungan dan hutan pegunungan sub alpen. Gunung Ciremai memiliki kawah ganda yang berlokasi di barat dan timur dengan radius dan kedalaman 250 meter.

Saat Air Terjun Ciremai
       Gunung Ciremai menjadi tujuan utama para pendaki dan pecinta alam generasi muda untuk melakukan petualangan yang berorientasi lingkungan dan ingin melihat pemandangan yang luar biasa diatas sana. Gunung ini menawarkan tantangan tersendiri karena Gunung Ciremai adalah gunung tertinggi di Jawa Barat. Setiap tahun rata-rata kunjungan para pendaki bisa mencapai 15.000 orang. Ada tiga jalur pendakian yang dapat digunakan para pendaki yaitu jalur Linggarjati dan Palutungan di Kabupaten Kuningan, serta jalur Apuy di Kabupaten Majalengka.

Saat Diperjalanan Menuju Ciremai

    Perjalanan pendakian ke Gunung Ciremai yang dilakukan oleh IMTI melewati beberapa area yang berbeda-beda, dimulai dari area perkebunan penduduk, area hutan pinus, area hutan dengan pohon-pohon yang cukup besar, area hutan di dataran tinggi yang banyak ditumbuhi semak belukar dan juga bunga edelweiss hingga melewati daerah yang tidak terdapat tumbuhan ketika Anda akan mencapai puncak gunung.

    Perjalanan petualangan organisasi ke Gunung Ciremai cukup melelahkan karena rutenya yang panjang. Biar begitu, perjalanan Anda akan tetap berkesan karena di sepanjang pendakian, Anda akan menikmati indahnya pemandangan alam yang mempesona. Pemandangan alam di Gunung Ciremai sangat unik dan beraneka ragam. Nilai-nilai keindahan yang dimiliki Gunung Ciremai cukup tinggi, seperti indahnya sunrise di puncak Gunung Ciremai yang mempesona, hutan alamnya yang indah, pemandangan cantik air terjun di daerah lembah, tersedianya pemandian alam dan sumber air panas.

Masih Disaat Perjalanan Menuju Gunung Ciremai

      Selain wisata alam, Taman Nasional Gunung Ciremai juga memiliki tempat yang mempunyai nilai sejarah yang tinggi dan dipuja oleh masyarakat setempat, diantaranya Situ Sangiang (Banjaran), Gunung Pucuk (Argapura), Sumur Tujuh (Cibulan), Sumur Cikayan (Pasawahan) dan Situ Ayu Lintang (Mandirancan). Tak heran, tempat ini selalu didatangi para peziarah dan wisatawan budaya karena mereka dapat menambah ilmu pengetahuan mereka sekaligus melihat pemandangan yang luar biasa. 



((Sumber: MESTI/Rdn/14-21/07/2012)).


Salam  Industri.......
Salam Unity.......

The Big Family of Team Pendakian Gunung Ciremai

Terima kasih dan selamat berjuang.
wassalamu’alaikum wr.wb


Rudini Mulya  Daulay
Ketua Umum IMTI – FT UMB
 
 ......


Tidak ada komentar:

Posting Komentar