USULAN
KEGIATAN
STUDI
EKSKURSI ( STUDEK ) 2011
IKATAN MAHASIWA TEKNIK INDUSTRI
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS
MERCU BUANA
JAKARTA
2012
Sekretariat : Kampus Mercu
Buana, Jl. Raya Meruya
Selatan, Kembangan – Jakarta Barat 11650
Telp.
O81314106763,085775759617 ( Hunting ) Pes. 17 Fax 5840813 – PO Box 1027/ JKB
11010.
Email :
teknikindustri10mercubuana@gmail.com
I.
PENDAHULUAN
Hak berjalan seiring dengan
kewajiban yang mutlak harus dipenuhi. Begitu pula dengan kegiatan yang kami
adakan pada beberapa waktu sebelumnya. Kegiatan yang kami adakan sebelumnya
merupakan perwujudan tanggung jawab kami terhadap Progam Kerja IMTI 2011/2012.
Laporan ini merupakan bentuk kesimpulan pertanggung jawaban kami terhadap
progam acara tersebut. Di dalam laporan pertanggung jawaban ini akan membahas
mengenai kinerja para panitia yang bertanggung jawab pada masing – masing seksi
dan hal – hal lain yang terkait dengan pelaksanaan kegiatan STUDEK (Studi Ekskursi). Kemudian,
melalui laporan pertanggung jawaban ini, kami berharap pada pelakasanaan progam
kerja STUDEK (Studi Ekskursi) pada masa yang akan datang akan terjadi peningkatan
demi terjadinya perbaikan kualitas sebagaimana yang diharapkan oleh semua
pihak.
2. Nama Kegiatan
KUNJUNGAN "STUDI EKSKURSI" Fakultas Teknik
Jurusan Teknik Industri Universitas Mercu Buana.
3. Peserta
Kunjungan ini diikuti oleh Mahasiswa/I Fakultas Teknik
Jurusan Teknik Industri angkatan 2009, 2010, 2011.
4.
Waktu dan
Pelaksanaan
Studi Ekskursi yang rencananya akan dilaksanakan pada
:
Hari :
Senin s/d Selasa
Tanggal :
17 – 18 Oktober 2011
5. Maksud dan Tujuan
5.1.Maksud
Adapun maksud
dan tujuan diselenggarakannya kunjungan STUDI EKSKURSI ini adalah :
1. Menambah pengetahuan tentang perindustrian.
2. Mendidik Mahasiswa/I
untuk berkreatif dan belajar untuk meningkatkan kwalitas
sumber daya manusia tentang perindustrian di Indonesia.
sumber daya manusia tentang perindustrian di Indonesia.
5.2. Tujuan
1. Membandingkan teori-teori yang didapat di perkuliahan
dengan keadaan di
duniaIndustri yang sebenarnya.
duniaIndustri yang sebenarnya.
2. Mengurangi gap atau perbedaan tentang keilmuan yang
didapat di perkuliahan
dengan cara melihat langsung perusahaan manufaktur.
dengan cara melihat langsung perusahaan manufaktur.
3. Melihat kondisi langsung agar dapat memahami
teori-teori yang ada dan sebagai
bahan untuk peningkatan ilmu akademik.
bahan untuk peningkatan ilmu akademik.
II. PARAMETER
KEBERHASILAN KEGIATAN
Parameter yang
kami jadikan sebagai acuan berkaitan dengan tujuan inti dari acara STUDEK (Studi Ekskursi)
tersebut.
Kami fokus kepada peningkatan pengetahuan tentang industri mahasiswa/i teknik industri Universitas Mercu Buana
Jakarta, serta kerja sama antara peserta,
panitia, dan para pembimbing di teknik industri khususnya pada acara tersebut.
Sebagai parameter sekunder keberhasilan kegiatan ini, kami mengacu kepada
kemampuan kami dalam mengkoodinir masing – masing seksi agar dapat bekerja
secara optimal sesuai dengan bobot kerjanya.
III. PELAKSANAAN
KEGIATAN
Daftar fokus yang kami gunakan sebagai koordinasi dalam mengadakan kegiatan ini adalah sebagai berikut:
1.
Waktu
Kegiatan STUDEK (Studi Ekskursi)
ini
kami adakan pada tanggal 17-18 Oktober 2011. Pemilihan waktu ini berdasarkan
pertimbangan yang di dapat setelah melakukan diskusi dan pengamatan terhadap
jam kuliah peserta dan panitia, ketersediaan tempat sebagai lokasi acara, dan
beberapa faktor pendukung
lainnya.
2.
Tempat
Terkait dengan lokasi kegiatan
STUDEK (Studi Ekskursi)
ini,
kami memilih Bandung-Jawa Barat. Pemilihan lokasi dianggap sebagai solusi
yang tepat dan efisien dalam mengantisipasi pembengkakan dana secara financial
dan keefektifan dalam memaksimalkan waktu yang tersedia.
3.
Peserta Kegiatan
Peserta terdiri dari mahasiswa/i angkatan 2009,
2010, 2011. Total peserta yang hadir sebanyak 110 orang.
4.
Jalannya Acara
Kegiatan STUDEK (Studi Ekskursi) berjalan dengan lancar dengan sedikit kendala yang
masih bisa diantisipasi oleh panitia kegiatan.
5.
Pelaksanaan Kerja Masing-masing Seksi
Kinerja yang dilakukan oleh masing – masing seksi dapat dinilai cukup
efektif dan berkesinambungan antara satu sama lain. Walaupun terdapat kendala
yang terjadi pada masing – masing seksi namun, hal tersebut dapat diatasi
dengan kerja sama yang memuaskan semua pihak.
6.
Pengelolaan Dana Kegiatan
Sirkulasi dana kegiatan dilakukan langsung oleh bendahara atas
pengawasan dan izin ketua pelaksana. Dilakukan pencatatan dan pengumpulan
kwitansi demi menjaga kevalidatan data financial kegiatan STUDEK (Studi Ekskursi).
IV. LAPORAN KEUANGAN (REKAPITULASI)
Terlampir.
V.
EVALUASI
Di bawah ini
merupakan kesimpulan dan kendala yang terjadi pada masing – masing panitia
kegiatan STUDEK (Studi Ekskursi)
dalam
menjalankan fungsi dan tugasnya secara optimal :
1.
Ketua pelaksana:
Mengkoordinasi setiap seksi terkadang memperlambat
kinerja dalam acara, namun itu segera bisa diatasi dengan koordinasi yang baik
dari para koordinator setiap seksi.
2.
Sekretaris:
Pembuatan proposal, surat –
surat keluar, maupun laporan pertanggung jawabannya mengalami hambatan dalam
hal ketersediaan sumber acuan pada proposal terdahulu. Selebihnya fungsi
sekertaris berjalan dengan efektif.
3. Bendahara:
Pencarian dana pada awalnya
mengalami kesulitan yang kemudian dapat diatasi melalui kerja sama dengan para
seksi lainnya. Sirkulasi dana dapat dicatat dengan cermat sesuai dengan kondisi
sebenarnya.
4. Seksi Acara:
Penguluran waktu yang
terjadi sebagai akibat dari keterlambatan beberapa pihak sedikit menggangu
susunan kegiatan yang ada, namun hal tersebut tidak terlalu mengusik
kelangsungan kegiatan yang sedang dilaksanakan.
5. Seksi
Perlengkapan:
Seksi perlengkapan mengalami
kendala pada pengadaan tempat penginapan. Namun mendekati tanggal pelaksanaan
kegiatan muncul solusi yang dapat mengatasi kendala ini.
6. Seksi Konsumsi:
Dalam kepanitian ini seksi memiliki andil yang sangat besar dalam fungsinya terkait pengaturan pengadaan konsumsi.
7.
Seksi Transportasi:
Kami mengalami keterbatasan
dalam penyediaan kendaraan beroda empat. Walaupun terdapat kondisi seperti itu,
sebagai panitia kami terbukti bisa memaksimalkan fasilitas yang ada dan
menghasilkan kinerja yang efektif dan efisien.
8. Seksi
Dokumentasi:
Kendala yang terdapat pada
seksi dokumentasi adalah kurangnya antisipasi terhadap habisnya batrei Camera Digital pada waktu yang tidak
terduga.Namu hal ini tidak menyurutkan semangat panitia dan peserta untuk tetap
menjalankan kegiatan STUDEK dengan penuh semangat.
VI. PENUTUP
Kegiatan STUDEK
merupakan bentuk pertanggung jawaban kami dalam melaksanakan
progam kerja yang telah disusun sebelumnya. Kemudian melalui laporan pertanggung
jawaban ini, kami merangkum keseluruhan aspek yang terkait dalam pengadaan
kegiatan ini. Aspek ini antara lain terdiri dari kendala dan hambatan yang
dialami keseluruhan panitia dalam pelaksanaan kegiatan ini. Kemudian rincian
dan sirkulasi dana yang diperlukan dalam pelaksanaan kegiatan ini.
Besar harapan kami terhadap kepanitian kegiatan mendatang agar dapat dengan sungguh – sungguh memahami dan mempelajari kondisi kinerja dalam pelaksanaan kegiatan ini mealui laporan pertanggung jawaban yang telah kami susun. Hal ini dapat dijadikan sebagai rujukan dalam perbaikan kualitas pelaksanaan kegiatan yang akan diadakan di kemudian hari.
Setulus hati kami ingin mengucapkan rasa terima kasih kepada Kepala Program Studi Teknik Industri, Dekan Fakultas Teknologi Industri dan Kemahasiswaan Teknik Industri. Kemudian pada para peserta yang turut serta meramaikan dan mendukung jalannya kegiatan ini. Terakhir sebagai panitia kami juga saling berterimakasih dan turut menghargai atas kerja keras dan kerja sama dalam mewujudkan keberhasilan kegiatan ini. Sekian dari kami, melalui laporan pertanggung jawaban ini kami harapkan akan perbaikan kualitas pelaksanaan dari kegiatan serupa di masa yang akan datang.
SUSUNAN
KEGIATAN
STUDEK
2011
HARI/TGL
|
WAKTU
|
ACARA
|
LOKASI
|
KETERANGAN
|
Senin/
17-10-2011
|
06.00-06.45
|
Persiapan dan
Absen Peserta
|
Kampus
|
Absensi
dan Kemas Barang
|
06.45-06.55
|
Persiapan
Berangkat Menuju Kampus ITB Bandung
|
Lapangan
Atrium
|
Absensi
Ulang per BUS
|
|
07.00-10.00
|
Perjalanan Menuju
Kampus ITB,Bandung
|
Bus
|
Pembagian
Snack
|
|
10.00-10.30
|
Persiapan Menuju
Ruang TVST
|
Kampus ITB
|
Persiapan Study Banding & Seminar
|
|
10.30-11.00
|
Peserta Berada di
ruang TVST
|
Kampus ITB
|
Seminar
|
|
11.00-12..00
|
Seminar
|
Kampus ITB
|
Seminar
|
|
12.00-13.00
|
Kunjungan Lab-Lab
TI ITB
|
Kampus
ITB
|
Study
Banding
|
|
13.00-13.45
|
ISHOMA
|
Masjid
ITB
|
Istirahat,Sholat,Makan
|
|
13.45-14.00
|
Peserta Berkumpul
di Bus
|
Bus
|
Absensi
|
|
14.00-15.30
|
Perjalanan Menuju
Maribaya
|
Bus
|
Perjalanan
|
|
15.30-17.30
|
Wisata di Maribaya
|
Maribaya
|
Acara
Pribadi
|
|
17.30-17.45
|
Peserta Berkumpul
di Bus
|
Bus
|
Absensi
|
|
17.45-19.30
|
Perjalanan Menuju
Penginapan
|
Bus
|
Perjalanan
Ke Penginapan
|
|
19.30-20.00
|
Briefieng
|
Villa
|
Briefieng
|
|
20.00-21.00
|
ISHOMA
|
Villa
|
Istirahat,Sholat,Makan
|
|
21.00-23.00
|
Acara Pribadi
|
Villa
|
Acara
Bebas
|
|
23.00-04.00
|
Istirahat
|
Villa
|
Istirahat
|
|
Selasa
/
18-10-2011
|
04.30-05.00
|
Sholat Subuh
|
Villa
|
Sholat
Berjamaah
|
05.00-06.30
|
Persiapan diri
|
Villa
|
Mandi,dll
|
|
06.30-07.30
|
Sarapan Pagi
|
Villa
|
Sarapan
Pagi
|
|
07.30-08.45
|
Perjalanan Menuju
Pabrik
|
Bus
|
Perjalanan
Menuju Pabrik
|
|
08.45-09.00
|
Persiapan Peserta
|
Bus
|
Absensi
|
|
09-00-11.00
|
Kunjungan Pabrik
1 & 2
|
PT. Dirgantara Indonesia
PT. Bio Farma
|
Seminar
|
|
11.00-12.00
|
Kunjungan Pabrik
1 & 2
|
PT. Dirgantara Indonesia
PT. Bio Farma
|
Kunjungan
Lapangan
|
|
12.00-12.45
|
ISHOMA
|
Pabrik
1 & 2
|
Istirahat,Sholat,Makan
|
|
12.45-13.45
|
Kumpul di bus
|
Bus
|
Absensi
& Berangkat
|
|
13.45-14.00
|
Persiapan
Kunjungan Pabrik
|
PT. INTI
|
Persiapan
Kunjungan Pabrik
|
|
14.00-16.00
|
Kunjungan Pabrik ( Bus 1 )
Menuju Masjid Agung (Bus 2)
|
PT. INTI
|
Seminar
Jalan - Jalan
|
|
16.00-16.30
|
Istirahat
|
PT. INTI
|
Sholat
|
|
16.30-17.00
|
Kumpul di bus ( Bus 1 )
Bus 2 Menunggu di pintu tol
|
PT. INTI
|
Persiapan
Pulang & Absen
|
|
17.00-20.00
|
Perjalanan Pulang
|
Bus
|
Perjalanan
Pulang Ke Jakarta
|
Media Parthers :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar