LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN
KEGIATAN HALAL BIHALAL KELUARGA BESAR IMTI
DAN SANTUNAN SOSIAL
2010 / 2011
IKATAN
MAHASIWA TEKNIK INDUSTRI
PERIODE
2012 – 2013
“The
New Generation of Industrial Engineer “
IKATAN MAHASISWA TEKNIK INDUSTRI
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS MERCU BUANA
JAKARTA
2012
I.
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Menjadi
mahasiswa – mahasiswi di fakultas teknik industri universitas mercubuana adalah
suatu kebanggaan. Kenangan dikalaremaja semasa kuliah yang penuh dinamika
terukir dengan manisnya. Saat-saat kuliah adalah pembentukan jati diri menjadi
manusia dewasa yang penuh dengan cita-cita. Masa yang penuh dengan gejolak,
kreativitas pengembangan kepribadian, penggalian dasar-dasar keilmuan,
penanaman kepedulian dan persiapan menuju masa depan.
Rasa
ingin mengenang kembali saat berada dalam kebersamaan yang penuh dengan
kekeluargaan, keceriaan dan kesetiakawanan tentu sangat kuat sekali.Rasanya
kebahagian saat belajar bersama dulu baru kemarin ditinggalkan, tak terasa
sudah sekian tahun tidak berjumpa. Pertemuan dalam suasana ” Halal
Bihalal keluarga besar IMTI Dan
Santunan Sosial “ bersama pelakasanaan
progam kerja perayaan HUT IMTIdengan
teman-teman waktu kuliah bersama, tentu menjadi suatu kebahagiaan tersendiri
dan merupakan wujud mempererat tali silaturrahim.Para keluarga besar IMTI dan
alumni diharapkan mampu ikurserta membantu usaha-usaha tercapainya tujuan
almamater sebagai pelopor dari kemajuan masyarakat dan kebudayaan manusia serta
membentuk insan yangbertanggung jawab akan kesejahteraan masyarakat
1.2 Tujuan
Halal Bihalal keluarga besar IMTI Dan Santunan Sosial tahun angkatan 2010 / 2011 memiliki maksud dan tujuan
sebagai berikut :
§ Sebagai ajang temu
kangen antar Mahasiswa Teknik Industri dan alumni teknik industri
beserta keluarga dan almamater universitas mercubuana.
§ Mempererat tali
silaturahmi antar mahasiswa teknik
industri,alumni beserta keluarga dan almamater universitas mercubuaana.
§ Sebagai wahana dalam
rangka membentuk ikatan kekeluargaan antar mahasiswa teknik industri
universitas mercubuana yang kuatdan terjalin erat.
§ Memperluas jaringan
ikatan alumni universitas mercubuana.
§ Menunjukkan perkembangan
fakultas teknik industri kepada para alumni.
§ Membuka jalur peran serta alumni bagi perkembangan teknik
industri universitas mercubuana.
II.
PARAMETER
KEBERHASILAN KEGIATAN
Parameter yang
kami jadikan sebagai acuan berkaitan dengan tujuan inti dari acara Halal Bihalal keluarga besar IMTI Dan Santunan Sosial tahun angkatan 2010 / 2011 tersebut. Kami
fokus kepada peningkatan bentuk
persaudaraan dan kebersamaan mahasiswa/i teknik industri Universitas Mercu
Buana Jakarta, serta silahturahmi antara peserta, panitia, senior, alumni dan para pembimbing di
teknik industri khususnya pada acara tersebut. Sebagai parameter sekunder keberhasilan
kegiatan ini, kami mengacu kepada kemampuan kami dalam mengkoodinir masing –
masing seksi agar dapat bekerja secara optimal sesuai dengan bobot kerjanya.
III. PELAKSANAAN KEGIATAN
Daftar fokus yang kami gunakan sebagai koordinasi dalam mengadakan kegiatan ini adalah sebagai berikut:
1.
Waktu
Kegiatan Halal Bihalal Keluarga Besar
IMTI dan Santunan Sosial tahun angkatan 2010 / 2011. Yang di adakan
pada tanggal 30 september 2011. Pemilihan waktu ini berdasarkan pertimbangan
yang di dapat setelah melakukan diskusi dan pengamatan terhadap jam kuliah
peserta dan panitia, ketersediaan tempat sebagai lokasi acara, dan beberapa faktor pendukung lainnya.
2.
Tempat
Terkait dengan lokasi kegiatan Halal Bihalal Keluarga Besar IMTI dan Santunan Sosial tahun angkatan 2010 / 2011 laksanakan di Gedung E, atrium universitas
Mercu Buana.. Pemilihan lokasi dianggap sebagai solusi yang cerdas dan efisien dalam
mengantisipasi pembengkakan dana secara financial dan keefektifan dalam
memaksimalkan waktu yang tersedia.
3.
Peserta Kegiatan
Peserta terdiri dari mahasiswa/i teknik industry
angkatan 11. Kemudian hadir pula
para pengurus IMTI, Senior, Alumni, Kepala Program Studi Teknik Industri dan para
dosen teknik industri Universitas Mercu Buana. Total peserta yang hadir sebanyak 32
dari
total 32.
4.
Jalannya Acara
Kegiatan Halal Bihalal Keluarga Besar IMTI dan Santunan Sosial tahun angkatan 2010 / 2011 berjalan dengan lancar dengan sedikit kendala yang
masih bisa diantisipasi oleh panitia kegiatan.
5.
Pelaksanaan Kerja Masing-masing Seksi
Kinerja yang dilakukan oleh masing – masing seksi dapat dinilai cukup
efektif dan berkesinambungan antara satu sama lain. Walaupun terdapat kendala
yang terjadi pada masing – masing seksi namun, hal tersebut dapat diatasi
dengan kerja sama yang memuaskan semua pihak.
6.
Pengelolaan Dana Kegiatan
Sirkulasi dana kegiatan dilakukan langsung oleh bendahara atas
pengawasan dan izin ketua pelaksana. Dilakukan pencatatan dan pengumpulan
kwitansi demi menjaga kevalidatan data financial kegiatan Halal Bihalal Keluarga Besar
IMTI dan Santunan Sosial tahun angkatan 2010 / 2011.
IV. LAPORAN KEUANGAN (REKAPITULASI)
Terlampir.
V.
EVALUASI
Di bawah ini
merupakan kesimpulan dan kendala yang terjadi pada masing – masing panitia
kegiatan Halal Bihalal Keluarga Beasar
IMTI dan Santunan Sosial tahun angkatan 2010 / 2011 dalam
menjalankan fungsi dan tugasnya secara optimal :
1.
Ketua pelaksana:
Mengkoordinasi setiap seksi terkadang memperlambat
kinerja dalam acara, namun itu segera bisa diatasi dengan koordinasi yang baik
dari para koordinator setiap seksi.
2.
Sekretaris:
Pembuatan proposal, surat –
surat keluar, maupun laporan pertanggung jawabannya mengalami hambatan dalam
hal ketersediaan sumber acuan pada proposal terdahulu. Selebihnya fungsi
sekertaris berjalan dengan efektif.
3. Bendahara:
Pencarian dana pada awalnya
mengalami kesulitanyang kemudian dapat diatasi melalui kerja sama dengan para
seksi lainnya. Sirkulasi dana dapat dicatat dengan cermat sesuai dengan kondisi
sebenarnya.
4. Seksi Acara:
Penguluran waktu yang
terjadi sebagai akibat dari keterlambatan beberapa pihak sedikit menggangu
susunan kegiatan yang ada, namun hal tersebut tidak terlalu mengusik
kelangsungan kegiatan yang sedang dilaksanakan. Pemformatan ulang pada bagian
akhir kegiatan juga merupakan kendala lain yang dialami oleh kepanitiaan kegiatan Halal Bihalal Keluarga Besar IMTI dan Santunan Sosial tahun angkatan 2010 / 2011 bagian seksi acara.
5. Seksi Humas:
Kurangnya informasi yang
diperoleh mengenai keberadaan atau info kontak terhadap para undangan yang
diundang menjadikan hal ini sebagai suatu kendala yang ikut hadir dalam
kegiatan ini. Namun kendala ini dapat diatasi dengan bantuan dari berbagai
pihak terkait.
6. Seksi
Perlengkapan:
Seksi perlengkapan mengalami
kendala pada pengadaan karpet, sound system, kain untuk pembatas tempat. Namun
mendekati tanggal pelaksanaan kegiatan muncul solusi yang dapat mengatasi
kendala ini.
7. Seksi Konsumsi:
Dalam kepanitian ini seksi
memiliki andil yang sangat besar dalam fungsinya terkait pengaturan pengadaan
konsumsi. Waktu dan penyajian konsumsi dinilai kurang lengkap. Namun dengan
cepat kendala ini dapat diatasi dengan cerdas oleh panitia secara keseluruhan.
8. Seksi
Transportasi:
Kami mengalami keterbatasan
dalam penyediaan kendaraan beroda empat.Kendaraan ini bertugas dalam pengadaan
konsumsi, perlengkapan dan penjemputan anak yatim. Walaupun terdapat kondisi
seperti itu, sebagai panitia kami terbukti bisa memaksimalkan fasilitas yang
ada dan menghasilkan kinerja yang efektif dan efisien.
9. Seksi
Dokumentasi:
Kendala yang terdapat pada
seksi dokumentasi adalah kurangnya antisipasi terhadap habisnya batrei Camera Digital pada waktu yang tidak
terduga.Namun hal ini tidak menyurutkan semangat panitia dan peserta untuk
tetap menjalankan kegiatan
Halal Bihalal Keluarga Besar
IMTI dan Santunan Sosial tahun angkatan 2010 / 2011 dengan penuh semangat.
VI. PENUTUP
Kegiatan yang
bertemakan Halal Bihalal Keluarga Besar IMTI dan Santunan Sosial tahun angkatan 2010 / 2011 merupakan bentuk pertanggung jawaban kami dalam melaksanakan progam kerja yang telah disusun
sebelumnya. Kemudian melalui laporan pertanggung jawaban ini, kami merangkum
keseluruhan aspek yang terkait dalam pengadaan kegiatan ini. Aspek ini antara
lain terdiri dari kendala dan hambatan yang dialami keseluruhan panitia dalam
pelaksanaan kegiatan ini. Kemudian rincian dan sirkulasi dana yang diperlukan
dalam pelaksanaan kegiatan ini.
Besar harapan
kami terhadap kepanitian kegiatan mendatang agar dapat dengan sungguh – sungguh
memahami dan mempelajari kondisi kinerja dalam pelaksanaan kegiatan ini mealui
laporan pertanggungjawaban yang telah kami susun. Hal ini dapat dijadikan
sebagai rujukan dalam perbaikan kualitas pelaksanaan kegiatan yang akan
diadakan di kemudian hari.
Setulus hati
kami ingin mengucapkan rasa terima kasih kepada Kepala
Program Studi Teknik Industri .Kemudian pada para alumni, senior, dan peserta yang
turut serta meramaikan dan mendukung jalannya kegiatan ini. Terakhir sebagai
panitia kami juga saling berterimakasih dan turut menghargai atas kerja keras
dan kerja sama dalam mewujudkan keberhasilan kegiatan ini. Sekian dari kami,
melalui laporan pertanggung jawaban ini kami harapkan akan perbaikan kualitas
pelaksanaan dari kegiatan serupa di masa yang akan datang.
LEMBAR PENGESAHAN
Hormat Kami,
|
|
Ketua Pelaksana
|
Sekretaris
|
|
|
Amalda Zulkarnaen
|
Rudini mulya
|
Menyetujui,
|
|
Ketua
Dewan Perwakilan Mahasiswa
|
Ketua
Ikatan Mahasiswa Teknik Industri
|
Ramdhani
|
Ahmad mathhuri
|
Mengetahui,
|
Kepala Program Studi
|
Teknik Industri
|
Ir. Muhammad Kholil, MT.
|
LAMPIRAN
Lampiran
1 : LAPORAN KEUANGAN
Lampiran
2 : BUKTI-BUKTI TRANSAKSI
Lampiran 3 : SUSUNAN KEPANITIAANFOKERTI 2010
Lampiran
4 : SUSUNAN KEGIATAN
Lampiran
5 : DOKUMENTASI
Lampiran
6 : USULAN KEGIATAN
Lampiran 1 :
LAPORAN KEUANGAN
A. PENERIMAAN
Transaksi
|
Keterangan
|
Jumlah
|
|
No. Bukti
|
Tanggal
|
(Rp)
|
|
A1
|
19-09-11
|
Subsidi
Fakultas/Jurusan
|
Rp
1.000.000
|
|
20-09-11
|
Iuran
Peserta
(32 x Rp 40.000)
|
Rp 1.280.000
|
|
20-09-11
|
Iuran
Panitia
( 46 x Rp
50.000 )
|
Rp 2.300.000
|
|
|
Sumbangan
Donatur
|
Rp 852.800
|
TOTAL PENERIMAAN
|
Rp 5.432.800
|
||
Terbilang : Lima juta empat ratus tiga puluh dua ribu rupiah
|
B. PENGELUARAN
Transaksi
|
Keterangan
|
Jumlah
|
|
No. Bukti
|
Tanggal
|
(Rp)
|
|
SANTUNAN
|
|||
|
21-09-11
|
Santunan
untuk anak yatim piatu
|
Rp 1.000.000
|
Sub Total
|
Rp 1.000.000
|
||
KESEKERTARIATAN
|
|||
B1
|
14-09-11
|
Print
Proposal
Warna :
11 lembar x Rp 1500
Hitam : 35 lembar x Rp 300
|
Rp 16.500
Rp 10.500
|
Print
Surat Undangan + Edaran
Hitam : 7 lembar x Rp 300
Warna : 6
lembar x Rp 1500
|
Rp 2.100
Rp 9.000
|
||
B2
|
16-09-11
|
Foto Copy
Proposal (2 copy)
26 lembar
x Rp 100
|
Rp 2.600
|
B3
|
16-09-11
|
Jilid 3 Proposal
Kawat : 1
x Rp 2.000
Plastic :
2 x Rp 3.000
|
Rp 2.000
Rp 6.000
|
B4
|
16-09-11
|
Foto Copy
Surat Undangan
44 lembar
x Rp 150
|
Rp 6.600
|
B5
|
18-09-11
|
Foto Copy Surat Edaran
32 lembar x Rp 150
|
Rp 4.800
|
|
B6
|
10-10-11
|
Print LPJ
Warna : 3 lembar x
Rp 1.500
Hitam : 22
lembar x Rp 300
|
Rp 4.500
Rp 6.600
|
|
B7
|
11-10-11
|
Foto Copy LPJ (2 copy)
44 lembar x
Rp 150
|
Rp 6.600
|
|
B8
|
11-10-11
|
Jilid LPJ
3 x Rp 3000
|
Rp 9.000
|
|
Sub Total
|
Rp 86.800
|
|||
KONSUMSI
|
||||
B9
|
29-09-11
|
Nasi Ayam
240 Box x Rp
10.000
|
Rp 2.400.000
|
|
B10
|
29-09-11
|
Snack
240 Bungkus x
Rp 3.000
|
Rp 720.000
|
|
B11
|
29-09-11
|
Nasi Tumpeng
Kue Tart
|
Rp 500.000
Rp
100.000
|
|
B12
|
30-09-11
|
Aqua Gelas
5 Dus x Rp 17.000
|
Rp 85.000
|
|
B13
|
30-09-11
|
Aqua Galon
1 Galon x Rp
5.000
|
Rp 5.000
|
|
Es Batu
2 x Rp 1.000
|
Rp 2.000
|
|||
B 14
|
30-09-11
|
Susu Kental Manis
8 Sachet x Rp
1.000
|
Rp 8.000
|
|
Susu Kental Manis Kaleng
|
Rp 9.500
|
|||
Sirup
1 Botol x Rp
14.000
|
Rp 14.000
|
|||
B 15
|
29-09-11
|
Gelas Plastik Besar
|
Rp 16.000
|
|
Tras Bag
|
Rp 8.000
|
|||
Sendok Plastik
|
Rp 6.000
|
|||
B 16
|
29-09-11
|
The Botol
|
Rp 6.000
|
|
B 17
|
30-09-11
|
Gula pasir
1 Kg x
Rp 9.800
|
Rp 10.500
|
|
Sub Total
|
Rp 3.890.000
|
|||
HUMAS
|
||||
B 18
|
09-09-09
|
Pulsa
|
Rp 26.000
|
|
Sub total
|
Rp 26.000
|
|||
TRANSPORTASI
|
|||
B 19
|
11-09-09
|
Bus
Kampus
2 bus
x Rp 135.000
|
Rp 270.000
|
B 20
|
11-09-09
|
Rokok
Supir
2 kotak
x Rp 9.500
|
Rp 19.000
|
Sub Total
|
Rp 289.000
|
||
PERLENGKAPAN
|
|||
B 21
|
09-09-09
|
Spanduk
|
Rp 75.000
|
B 22
|
11-09-09
|
Sewa
Sound System
|
Rp 50.000
|
Sub Total
|
Rp 125.000
|
||
DOKUMENTASI
|
|||
B 23
|
4-10-11
|
Cuci
Cetak
4 lembar
x Rp 4000
|
Rp 16.000
|
Sub Total
|
Rp 16.000
|
||
Total Pengeluaran
|
Rp 5.432.800
|
||
Terbilang : Lima juta empat ratus tiga puluh dua ribu rupiah
|
Mengetahui,
Komisi Keuangan Bendahara
Dewan Perwakilan Mahasiswa Ikatan Mahasiswa Teknik Iindustri
Anggi sulistiana Mardianto
MEDIA PARTHERS :
Dipost Oleh : Rudini Mulya_[41610010035]/Industrial Engineer - FT UMB 04/09/2012
Tidak ada komentar:
Posting Komentar