Jumat, 14 Juni 2013

MERCU BUANA UNIVERSITY
2009

Teknik Industri-UMB 2007

Fokerti adalah sebuah forum yang berdiri sejak tahun 2000, dengan gagasan para pendahulu mahasiswa teknik industry angkatan perdana. Fokerti adalah sebuah singkatan dari Forum Keakraban Teknik Industri.

Acara yang diselenggarakan oleh IMTI setiap tahun ini bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa baru kepada ruang lingkup teknik industry yang disusun dalam forum-forum.

Forum ini diadakan di luar Jakarta sehingga memberi kesan yang tidak terlalu kaku dan sebagai tempat untuk menghirup udara segar, melepas penat dari keseharian. Forum ini bukan hanya menyediakan suasana yang segar, tetapi juga memupuk keakraban antara para alumni dan mahasiswa, sehingga tidak ada kesenjangan antara senior dan junior. Menjalin silaturahmi antar sesama dan juga mengajarkan kekompakkan bagi para panitia.

Pembuaan Acara Oleh Kaprodi Teknik Industri

Sambutan dari Ketua Pelaksana dan IMTI menjadi pembuka acara, dan dilanjutkan dengan sambutan Kepala Program Studi, Dekan beserta wakil dan Pembina Mahasiswa.

Fokerti berlangsung dalam kurun waktu 3 hari, yaitu jum’at, sabtu dan minggu. Dimana malam mingu adalah puncak acara, yaitu makan bersama dengan senior ataupun alumni dengan menu utama ayam bakar.

Acara ini mempunyai makna penting dalam hal pengenalan bidang dan menjalin keakraban sesama serta kita juga dapat menggali informasi dari pengalaman para senior. Untuk ke depan, diharapkan acara Fokerti dapat diselenggarakan dengan lebih baik.

MEMORIES OF FOKERTI

Saat Sambutan Dosen & Kaprodi Teknik Industri

Desember 2009, angkatan 2009 yang mengikuti acara FOKERTI yang diselenggrakan oleh panitia 2008 pada tanggal 4-6 Desember itu memiliki kenangan tersendiri.

Kami berangkat hari jum’at pada pukul 15.30 WIB.  Namun diluar dugaan, bus tersebut datang terlambat. Kami menaiki bus tersebut bersamaan dengan turunnya hujan yang mengguyur lebat. Sewaktu di perjalanan, kami bernyanyi mendendangkan alunan akustik yang amat sederhana. Kami terhentak di antara nyanyian kami, gangguan di atas bus itu menghentikan nyanyian kami, air menetes dari atas pintu itu, namun kebocoran itu tak menjadi problem untuk kami.

Lima jam telah berlalu. Kami pun tiba di tempat yang di nantikan di Puncak Ciloto. Kami di jemput oleh sebagian panitia yang sudah lebih dulu tiba. Kami beristirahat sejenak dan menikmati hidangan makan malam yang telah di sediakan. Setelah itu, kami selaku peserta di kumpulkan di suatu ruangan untuk mengikuti acara yang di bawakan oleh Bapak M.Kholil selaku ketua kaprodi dan Bapak Atep selaku Pembina mahasiswa. Dalam acara tersebut terdapat forum diskusi antara Mahasiswa TI angkatan 2009 oleh para dosen yang hadir.

Diskusi Oleh Ketua IMTI

Waktu terus berjalan, malam pun datang. Sudah saatnya acara di akhiri untuk hari ini. Kami pun membubarkan diri untuk beristirahat.

Saat fajar belum menyingsing surya pun baru akan menjelang, kami terbangun dari tidur panjang. Bergegas mengambil air wudhu untuk menunaikan ibadah shalat subhu. Setelah itu, kami di kumpulkan kembali untuk membuat regu masing2 terdiri atas 5-6 orang untuk jogging dan senam pagi,melihat pemandangan seperti lukisan yang teramat sempurna yang tuhan ciptakan.

Kami kembali dan bersiap-siap mandi dan sarapan. Usai sarapan kami berkumpul kembali dalam forum bersama senior. Waktu  terus berjalan, ini adalah hari kedua kami menginap disini.  Walau kami tidur dengan kamar yang standar, kami tetap tidak dapat tidur dengan semestinya. Mungkin karena banyaknya peserta. Tetapi hal inilah yang membangkitkan semangat kekompakkan dari teknik industry.

Apalagi malam puncak, dimana kami selaku peserta wajib makan bersama dengan senior setelah makan malam. Dan mungkin ini adalah acara yang dinanti-nanti semua. Dibawah naungan malam yang sunyi, dengan kehangatan kayu bakar yang kami buat, para senior pun bercerita selayaknya program ESQ.

Saat Acara Makan Bersama

Kami tidur di malam yang penuh dengan cerita. Pagi datang dengan senyuman. Kami pun berkumpul pada forum yang terakhir bersama senior dari pagi hingga menjelang siang. Jam 12.00 kami selaku keluarga besar teknik industry harus meninggalkan villa tersebut untuk pulang menuju kampus tercinta,UMB.

Namun diperjalanan pulang, kami mengalami diare dan mungkin ini adalah kejadian terkocak di dalam kehidupan baru kami sebagai mahasiswa teknik industry. Dan tak lupa kami berhenti di daerah gadog untuk membeli buah tangan untuk keluarga di rumah.

Cerita diangkat dari pengalaman teman-teman angkatan 2009 selama acara.

Writer: Arip Mustakim (perwakilan angkatan 09)
Editor : Rudini Mulya (Ketua Umum IMTI-2012/2013)